Friday, July 19, 2013

{RESEP} Tongseng Sapi


Kemarin tumben bgt Mas Pram request menu buka puasa. Mas Pram minta dibikinin tongseng begitu tau saya belanja daging sapi. Waahhh tongseng???? Gmn masaknya yah? Saya kan jaraang bgt ngolah daging sapi. Untung ada google jd bs dapet resep tongseng. Menyelamatkanku sekalii dn menyelamatkan perut lapar Mas Pram. Hehe.. :D

Pas bac resepnya ternyata ga ribet bikinnya. Bumbunya jg kebanyakan udh ada di rumah, jd lgsg cusss masak tongseng buat suamiku tercinta. Begini dia resepnya setelah agak dimodif dikiit sm saya.

{RESEP} Tongseng Sapi

BAHAN

- 500 gr daging sapi, potong-potong, rebus dahulu hingga empuk. Air sisa rebusan tidak dibuang krn akan dipakai untuk masak tongseng *krn harga daging sapi lg mahal, jadinya saya cm pake 250 gr daging sapi*

- 150 gr kol, diiris tipis *saya kelupaan ga beli kol, jd kmrn itu bikin tongsengnya tanpa kol. serasa ada yg kurang deh makan tongseng ga pake irisan kol. etapi rasanya ttp enak ko*

- 1 sendok makan air asam *honestly i don't know what air asam is. ga tau gmn bikinnya atau dimana belinya. jd saya pake satu ruas asem yg saya dpt dr paketan sayur asem, cm biar rasa tongsengnya ada asem-asemnya. mgkn klo diskip pun ga terlalu masalah*

- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 6 butir bawang merah, diiris tipis
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh saus tiram, bs diskip sih
- Gula dn garam secukupnya

BUMBU HALUS

- 3 butir bawang putih
- merica sedikit

- 1 sendok makan ketumbar sangrai *tp waktu saya bikin, ga saya sangrai dl sih ketumbarnya. ribet bo :p*

- 2 cm jahe *kalo saya bikinnya si jahe cuma digeprek doang, ga jd halus*

- 2 cm lengkuas *begitupun dg lengkuas digeprek doang*

CARA

- Tumis bawang merah dg 3 sendok makan minyak goreng hingga bawang berubah warna.

- Masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, aduk hingga bumbu harum.

- Masukkan daging yg sudah direbus, lalu tambahkan air rebusan daging. Masak hingga mendidih. *bila air dr rebusan daging dirasa kurang, bs ditambah air lagi*

- Tambahkan kecap manis, saos tiram, asem. Masak dlm api kecil.

- Saat air mulai susut, tambahkan gula garam secukupnya dn irisan kol. Aduk2 sampe masak.

Gampang kan bikinnya? Yg penting dagingnya hrs empuk yaa biar enak disantap. Asha aja yaa makan tongseng ini lahap bgt. Ga pake acara lepeh2 makanan. Rasa kuahnya nendang walau ga pake micin. Lalu krn dimasak pake api kecil, jd bumbu2nya ngeresep ke daging dn bikin rasa dagingnya makin enak. Pokoknya Asha makan banyak bgt, Mas Pram juga, saya juga. Hehe.. Bisa jd salah satu resep andalan deh ini. Makasih yaa Mas Pram udh nyuruh bikin tongseng. Klo ga disuruh, saya ga akan pernah kepikiran masak beginian. Kepikirannya masak daging sapi pake bumbu instan. No no no. Asha ga bs ikut makan dong klo pake bumbu instan.

Selamat mencoba ya :)

XOXO

0 comments on "{RESEP} Tongseng Sapi"

Post a Comment

{RESEP} Tongseng Sapi

Kemarin tumben bgt Mas Pram request menu buka puasa. Mas Pram minta dibikinin tongseng begitu tau saya belanja daging sapi. Waahhh tongseng???? Gmn masaknya yah? Saya kan jaraang bgt ngolah daging sapi. Untung ada google jd bs dapet resep tongseng. Menyelamatkanku sekalii dn menyelamatkan perut lapar Mas Pram. Hehe.. :D

Pas bac resepnya ternyata ga ribet bikinnya. Bumbunya jg kebanyakan udh ada di rumah, jd lgsg cusss masak tongseng buat suamiku tercinta. Begini dia resepnya setelah agak dimodif dikiit sm saya.

{RESEP} Tongseng Sapi

BAHAN

- 500 gr daging sapi, potong-potong, rebus dahulu hingga empuk. Air sisa rebusan tidak dibuang krn akan dipakai untuk masak tongseng *krn harga daging sapi lg mahal, jadinya saya cm pake 250 gr daging sapi*

- 150 gr kol, diiris tipis *saya kelupaan ga beli kol, jd kmrn itu bikin tongsengnya tanpa kol. serasa ada yg kurang deh makan tongseng ga pake irisan kol. etapi rasanya ttp enak ko*

- 1 sendok makan air asam *honestly i don't know what air asam is. ga tau gmn bikinnya atau dimana belinya. jd saya pake satu ruas asem yg saya dpt dr paketan sayur asem, cm biar rasa tongsengnya ada asem-asemnya. mgkn klo diskip pun ga terlalu masalah*

- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 6 butir bawang merah, diiris tipis
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh saus tiram, bs diskip sih
- Gula dn garam secukupnya

BUMBU HALUS

- 3 butir bawang putih
- merica sedikit

- 1 sendok makan ketumbar sangrai *tp waktu saya bikin, ga saya sangrai dl sih ketumbarnya. ribet bo :p*

- 2 cm jahe *kalo saya bikinnya si jahe cuma digeprek doang, ga jd halus*

- 2 cm lengkuas *begitupun dg lengkuas digeprek doang*

CARA

- Tumis bawang merah dg 3 sendok makan minyak goreng hingga bawang berubah warna.

- Masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, aduk hingga bumbu harum.

- Masukkan daging yg sudah direbus, lalu tambahkan air rebusan daging. Masak hingga mendidih. *bila air dr rebusan daging dirasa kurang, bs ditambah air lagi*

- Tambahkan kecap manis, saos tiram, asem. Masak dlm api kecil.

- Saat air mulai susut, tambahkan gula garam secukupnya dn irisan kol. Aduk2 sampe masak.

Gampang kan bikinnya? Yg penting dagingnya hrs empuk yaa biar enak disantap. Asha aja yaa makan tongseng ini lahap bgt. Ga pake acara lepeh2 makanan. Rasa kuahnya nendang walau ga pake micin. Lalu krn dimasak pake api kecil, jd bumbu2nya ngeresep ke daging dn bikin rasa dagingnya makin enak. Pokoknya Asha makan banyak bgt, Mas Pram juga, saya juga. Hehe.. Bisa jd salah satu resep andalan deh ini. Makasih yaa Mas Pram udh nyuruh bikin tongseng. Klo ga disuruh, saya ga akan pernah kepikiran masak beginian. Kepikirannya masak daging sapi pake bumbu instan. No no no. Asha ga bs ikut makan dong klo pake bumbu instan.

Selamat mencoba ya :)

XOXO

 

My Lavender Love Story Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal