Tuesday, July 30, 2013

{ASI TALK} ASI Rasa Pedas?

0 comments

Waktu Asha baru lahir, aku diwanti-wantiii bgt sm ibuku untuk ga makan pedes. Krn menurut beliau, klo aku makan pedes nanti ASInya ikut pedes dn Asha bs sakit perut dn mencret. Saya sih agak ga percaya dn tetep curi2 makan pedes kalo ga keliatan ibu ;p. Apalagi kata AIMI (asosiasi ibu menyusui indonesia), gapapa ibu menyusui makan pedes, ga akan bikin ASI ikut pedes jg. Jd aku lebih percaya AIMI aja deh.

Kebetulan saya jg ga maniak2 amat sm pedes dn sambel, jd ga masalah jg sih kalo ga bs makan pedes sering2. Selama ini jg ga terlalu ngamatin pupnya Asha setelah saya makan yg pedes2. Sampe barusan, pagi ini saya makan gurilem pedes. Mumpung lg di Bandung, jd kangen bgt pengen makan kerupuk gurilem pedes. Pagi2 blm makan nasi, cm sarapan sereal dn susu, saya lgsg makan gurilem pedes. Sayanya sih gpp, tp ternyata Ashanya jd kenapa-napa. Pas lg tidur siang sambil nenen, kedengeran suara perut Asha krucuk2 dn Asha pup sambil tidur. Dari baunya kayanya pup Asha cair, alias mencret. Nah lo! Apa gara2 saya makan gurilem pedes?? Emang sih klo dirasa2, perut saya rasanya panas. Apalagi sampe siang ni blm makan nasi jg. Hadeuuhh..

Klo iya Asha mencret dn perutnya krucuk2 krn saya makan gurilem pedes, berarti ada hubungannya dong antara busui makan pedes dn bayi mencret. Huhu.. Maafin ibu yaa, nak. Ibu egois sendiri. Harusnya ibu makan nasi dl sebelum makan pedes, biar Asha ga minum pedes dr ASI. Harusnya kalo busui mau makan pedes, perutnya hrs diisi makanan dl, jgn dlm keadaan perut kosong. Perasaan dulu2 makan cengek pun ga ngaruh apa2 ke Asha. Krn dl kalo makan  pedes, biasanya sambil makan nasi. Hari ini krn kalap pengen ngemil kerupuk gurilem tanpa sarapan dulu, jd aja Asha ikutan panas perut dn mencret. Huhu.. Maafin ibu ya, nak :'(

Ibu sayang Asha :*

XOXO

Sunday, July 21, 2013

{HEALTH} Masuk Angin

0 comments

Minggu lalu Asha yg masuk angin, skrg giliran saya yg masuk angin. Huhu... T~T Ko bergilir gini sih anginnya masuk ke tubuh Asha dn saya? Mudah2an Mas Pram ga ikut kena giliran jg.

Jadi kmrn siang itu tiba2 perut saya melilit, sakiiittt bgt. Sakit perutnya ngingetin masa masa2 mau lahiran, krn rasanya mirip kaya pembukaan 4 atau 5. Suer deeh saya blm pernah ngerasain mules kaya mau lahiran selain gara gara masuk angin kmrn itu. Mana perut melilitnya jg pake frekuensi tiap sekian menit sekali.

Oya jd buat yg bertanya-tanya kaya apa sakit perut waktu kontraksi mau lahiran, percayalah rasanya ga jauh beda sm sakit perut melilit waktu masuk angin, tapi dgn intensitas yg bs 10 kali lebih dahsyat kalo udh masuk pembukaan 9 ke 10. Klo yg ga belajar relaksasi dn hypnobirth kaya saya dl *krn ga sempet melulu* pasti ga tahan buat teriak terutama di bukaan 9 ke 10. Klo yg belajar dn rajin latihan pasti waktu lg mules jg tetep tenang dn tersenyum. Cita-cita bgt tuh kalo lahiran adiknya Asha pengen gentle birth, ga pake teriak-teriak dn ngeden. Eh loh ko malah jd cerita lahiran yaa...? Salah fokus. Back to cerita masuk angin saya lagi.

Beuhh pokoknya gara-gara perut melilit, saya sampe ga bs ngapa ngapain. Pdhl menu buka puasa Mas Pram blm disiapin. Saking ga tahannya, akhirnya saya minum Diapet. Ini salah satu obat andalan Mas Pram yg selalu stand by dibawa di dalam tas kerjanya bersama obat obatan lain. Dulu saya agak under estimate khasiat dr diapet, soalnya kn dia itu jamu yg komposisinya dr tumbuh-tumbuhan. Klo dibandingkan dg Loperamida HCl yg memang zat aktif alias obat untuk indikasi diare, saya yg background nya farmasi lebih percaya sm khasiat Loperamid. Eh tapiiiiiii ternyataaaaa Diapet okeh bgt, manjur bgt looooh!!! Dan poin plusnya, dia obat alami bukan sintetis. Lagi melilit-melilitnya perut dn udh entah brp kali bolak balik kamar mandi, begitu makan 2 kapsul Diapet, ga berapa lama rasa melilitnya hilang sama sekali. Saya lgsg bs aktivitas lg. Alhmdlh lgsg cepet gt khasiatnya ke badan saya. Dan saya pikir itu cm tahan brp jam doang, tapi ternyata sampe besok paginya perut saya sdh aman damai sentosa. Yeaaayy!! :D Hrs nyetok selalu Diapet di rumah untuk keadaan darurat perut mulas disertai diare. Ini bukan iklan loohh tapi testimoni.

Oya selama saya sakit perut, Mas Pram baiiikk bgt deh sm saya. Ngusap-ngusap punggung dn perut saya pake minyak telon biar hangat. Hbs diusap rasanya sakit perut saya pelan-pelan reda krn rasanya hangat dn sentuhan tangan suami itu rasanya memang membuat nyaman. Aahh senangnyaaaaa... :3

Dipikir pikir saya masuk angin kayanya gara gara cuaca ga jelas di Depok yg lg banyak angin dn sering hujan. Plus klo malem-malem karena nenenin Asha jd perut saya sering kebuka. Buat ibu-ibu yg nenenin anaknya tiap malem jgn lupa tutupin perutnya pake selimut yaa, biar ga masuk angin kaya saya. Percaya deh klo ibu sampe sakit, walau cm masuk angin, akan bikin repot anak suami. Memang yaa jd ibu itu harus selalu sehat biar anak dn suami ga terbengkalai.

Semuanyaaa jaga kesehatan baik baik yaa di bulan puasa musim pancaroba beginiii. Stay healthy :)

XOXO

Friday, July 19, 2013

{RESEP} Tongseng Sapi

1 comments

Kemarin tumben bgt Mas Pram request menu buka puasa. Mas Pram minta dibikinin tongseng begitu tau saya belanja daging sapi. Waahhh tongseng???? Gmn masaknya yah? Saya kan jaraang bgt ngolah daging sapi. Untung ada google jd bs dapet resep tongseng. Menyelamatkanku sekalii dn menyelamatkan perut lapar Mas Pram. Hehe.. :D

Pas bac resepnya ternyata ga ribet bikinnya. Bumbunya jg kebanyakan udh ada di rumah, jd lgsg cusss masak tongseng buat suamiku tercinta. Begini dia resepnya setelah agak dimodif dikiit sm saya.

{RESEP} Tongseng Sapi

BAHAN

- 500 gr daging sapi, potong-potong, rebus dahulu hingga empuk. Air sisa rebusan tidak dibuang krn akan dipakai untuk masak tongseng *krn harga daging sapi lg mahal, jadinya saya cm pake 250 gr daging sapi*

- 150 gr kol, diiris tipis *saya kelupaan ga beli kol, jd kmrn itu bikin tongsengnya tanpa kol. serasa ada yg kurang deh makan tongseng ga pake irisan kol. etapi rasanya ttp enak ko*

- 1 sendok makan air asam *honestly i don't know what air asam is. ga tau gmn bikinnya atau dimana belinya. jd saya pake satu ruas asem yg saya dpt dr paketan sayur asem, cm biar rasa tongsengnya ada asem-asemnya. mgkn klo diskip pun ga terlalu masalah*

- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 6 butir bawang merah, diiris tipis
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh saus tiram, bs diskip sih
- Gula dn garam secukupnya

BUMBU HALUS

- 3 butir bawang putih
- merica sedikit

- 1 sendok makan ketumbar sangrai *tp waktu saya bikin, ga saya sangrai dl sih ketumbarnya. ribet bo :p*

- 2 cm jahe *kalo saya bikinnya si jahe cuma digeprek doang, ga jd halus*

- 2 cm lengkuas *begitupun dg lengkuas digeprek doang*

CARA

- Tumis bawang merah dg 3 sendok makan minyak goreng hingga bawang berubah warna.

- Masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, aduk hingga bumbu harum.

- Masukkan daging yg sudah direbus, lalu tambahkan air rebusan daging. Masak hingga mendidih. *bila air dr rebusan daging dirasa kurang, bs ditambah air lagi*

- Tambahkan kecap manis, saos tiram, asem. Masak dlm api kecil.

- Saat air mulai susut, tambahkan gula garam secukupnya dn irisan kol. Aduk2 sampe masak.

Gampang kan bikinnya? Yg penting dagingnya hrs empuk yaa biar enak disantap. Asha aja yaa makan tongseng ini lahap bgt. Ga pake acara lepeh2 makanan. Rasa kuahnya nendang walau ga pake micin. Lalu krn dimasak pake api kecil, jd bumbu2nya ngeresep ke daging dn bikin rasa dagingnya makin enak. Pokoknya Asha makan banyak bgt, Mas Pram juga, saya juga. Hehe.. Bisa jd salah satu resep andalan deh ini. Makasih yaa Mas Pram udh nyuruh bikin tongseng. Klo ga disuruh, saya ga akan pernah kepikiran masak beginian. Kepikirannya masak daging sapi pake bumbu instan. No no no. Asha ga bs ikut makan dong klo pake bumbu instan.

Selamat mencoba ya :)

XOXO

Wednesday, July 17, 2013

{ASI TALK} Ibu Puasa Ko Asha Mencret?

0 comments

Alhamdulillah puasa tahun ini saya dn Asha bisa kumpul sm Mas Pram sebagai satu keluarga utuh yg tinggal satu atap. Dua tahun kebelakang kami selalu menjalani bulan Ramadhan secara terpisah, krn saat itu saya dn Asha msh tinggal di Bandung krn kerja saya di Bandung, sedangkan Mas Pram sendirian ngekos di Jakarta. Hiks..  kesian bgt suamiku Maafin yaa, Mas.. :(

Ramadhan dua tahun lalu saya sedang hamil trimester kedua. Waktu itu saya sempet puasa duapuluh hari, sambil kepayahan krn hrs ngantor sampe sore dn selaluuu buka puasa di jalan. Sedih bgt deh kalo diinget-inget. Ramadhan tahun lalu saya sm sekali ga puasa, krn saya mau produksi ASI saya tetep lancar. Waktu itu saya kan msh bekerja, jd sewaktu di kantor saya hrs selalu mompa ASI biar stok ASIP untuk Asha selalu ada selama saya tinggal kerja. Saya takut klo saya puasa produksi ASI saya menurun. Kan kesian Asha klo ASIPnya berkurang atau komposisi gizinya berubah krn ibunya puasa.

Nah Ramadhan tahun ini diawali dgn saya yg dapet menstruasi pertama pasca melahirkan Asha. Saya baru ikut puasa di hari kelima. Baru sehari saya puasa, besokannya Asha masuk angin dn pup nya cair. Hiks.. :'( Entah kebetulan Asha masuk angin atau gara gara saya puasa Asha jd masuk angin dan pupnya jd cair. Pokoknya waktu hari kedua saya puasa, saya amati Asha nenen kayanya kesusahan bgt mau nenen ASI saya. Kaya ga ada yg diminum dn dia jg kaya ga bs nelen apa- apa, jd walaupun Asha nenen tp cm ngempeng doang. Hiks... Sediihh bgt :'(

Hari ketiga saya puasa, pagipaginya pup Asha msh cair. Saat itu saya putuskan untuk ga puasa dl hari itu. Sampe Asha fit saya berencana untuk ga puasa. Ya walaupun sedih ga bs ikut puasa lg dn ngerasa berdosa, tp demi Asha ya mau gmn lg? Masa saya mau biarin Asha terus-terusan nenen ASI kosong? Walau Asha udh 18 bulan, udh makan, dn udh bs minum susu UHT, tp bagi Asha ASI itu tetap tak tergantikan. ASI tetap salah satu menu utama buat Asha. Alhmdlh hari itu saya amati Asha bs nenen sampe puas. Kedengeran bgt dia nelen ASI sampe gluk gluk. Payudara saya jg ga kerasa kempes kaya waktu saya puasa, rasanya payudara saya jg penuh terisi ASI. Bahagiaaaa bgt rasanya bisa liat Asha nenen sampe kenyang.

Sampe saat itu saya blm tau kaitan antara saya puasa dn Asha yg masuk angin sampe pup nya cair. Trs sorenya saya ngobrol sm ibu tetangga, ceritain ttg Asha yg mencret dn masuk angin waktu saya puasa. Ternyata ada ibu tetangga yg lain ngalamin hal yg sama kaya saya. Waktu ibunya puasa, bayinya yg blm satu tahun lgsg masuk angin dn pup nya jd cair, jd ibunya berhenti puasa demi anaknya. Ooohh ternyata ada yg samaan kaya saya dn Asha. Waktu malemnya Asha pup, saya amati pup nya mulai padet, ga secair waktu saya puasa. Trs perut Asha jg udh berkurang bunyi krucuk-krucuknya.

Hari ini saya ga puasa lagi dan saya perhatiin Asha puas bgt nenen ASInya, trs sampe sore blm pup. Mudah mudahan masuk anginnya udh sembuh. Kesian Asha gara gara sempet mencret jd lgsg keliatan kurus pdhl badannya udh kecil. Huhu.... T-T

Hal ini mgkn ga berlaku yaa buat sebagian ibu menyusui dn bayinya. Jadi buat ibu menyusui yg ga ada masalah sm bayinya, memang sebaiknya ikut puasa. Saya jg pengennya puasa tp ya gmn lg, keadaan Asha ga memungkinkan. Insya Allah klo masih ada umur saya harus ganti puasa saya bbrp tahun ini. Karena pernah baca, katanya puasa Ramadhan yg ditinggalkan ibu hamil dn menyusui lebih utama diganti dg puasa di lain hari. Krn kondisi hamil dn menyusui hanya sementara dn tidak seperti manula atau org dg penyakit keras yg tidak diwajibkan puasa, tp hrs bayar fidyah sbg penggantinya. Tp trs terang saya blm tau pastinya gmn. Jd biar aman ttp bayar fidyah dn ganti puasanya di lain hari.

Buat ibu hamil dn menyusui yg menjalani puasa, semangat yaaa...!! :D Banyak minum, makan bergizi, dn suplemen, waktu sahur dn berbuka. Selamat berpuasaaaa :D

XOXO

-----------update-------------

Menjelang maghrib akhirnya Asha pup. Alhmdlh udh mulai padet pup nya. Apakah kebetulan hr ini Asha sembuh masuk anginnya atau akibat saya ga puasa hr ini? Ga jelas jg. Yg pasti cuaca di Depok memang lg ga enak bgt, banyak angin dn bikin anak anak disekitar rmh jg pada sakit. Buat antisipasi Asha biar ga masuk angin lg, saya ngalah untuk ga puasa dl demi bisa ngasih ASI buat Asha.

Btw saya jg barusan googling bahwa bbrp ibu jg ada yg ngalamin kasus yg sama kaya saya dn Asha : ibunya puasa anaknya mencret. Pdhl banyak artikel jg yg bilang klo puasa ga akan mempengaruhi kualitas dn kuantitas ASI, krn selama puasa tubuh ibu akan mengambil cadangan gizi yg dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Hmm lgsg ngaca dn liat badan saya, udh habis kayanya hasil dr ngasuh Asha sendirian. Badan segini apa msh ada cadangan gizi yg mencukupi utk produksi ASI? Yaudhlah yaa liat sisi baiknya aja, saya ga puasa dua hari, Asha lgsg keliatan tembem dn tambah berat. Pdhl dua hari sblmnya Asha keliatan kuyus akibat mencret. Demi Asha sehat Ibu bolos puasa lagi tahun ini. Sehat terus yaa, nak. Ibu sayang Asha :*

XOXO

{RESEP} Puding Roti Cokelat Keju

0 comments

Mau share resep puding hasil contekan dr grup facebook DAPUR SEHAT IBU ahhh. Rasanya enaakk loh, mengenyangkan dn bergjziii :) Awalnya bikin ini buat cemilan Asha. Awalnya Asha sempet doyan makan ini. Tapi lama2 bosen jg dianya. Yaudh ibunya aja yg ngembat, habis enak siihh rasanya :9

--------update--------

Krn bahan buat bikin puding masih ada, jd selama tiga hr saya trs bikin puding. Ternyata Asha lahap makannya. Waktu itu mgkn dia lg males, jd lepeh2 puding. Pdhl sebenernya Asha doyan. Sampe habis setengah mangkok sekali makan. Setengahnya lg buat ibunya doonng :p Lumayan bs jd salah satu cemilan untuk boost berat badan Asha krn puding ini ada telur, roti, susu, dn cokelatnya. Wah pokoknya jd salah satu cemilan andalan deh.

--------fin update--------

BAHAN

- telur 1 butir
- roti tawar 1 lembar
- susu UHT coklat 125 ml /  1 kotak uk sedang
- susu kental manis cokelat 2 sendok makan
- keju parut utk taburan atau satu keju lembaran
- meises untuk taburan

CARA

- Sobek sobek roti tawar
- Masukan telur, susu kental manis, dn susu UHT , lalu dikosok hingga semua bahan tercampur
- tuang ke dalam cetakan, saya pake mangkok melamin kecil yg bagian dlmnya dilapis alumunium foil
- tabur meises di bagian atas adonan puding hingga semua bagian tertutup meises
- tutup lagi dengan keju lembaran atau keju parut
- kukus selama 20 menit, atau hingga matang , klo saya ngukusnya barengan sm masak nasi di rice cooker jd praktis deh

Oya resep asli di grup DAPUR SEHAT IBU itu awalnya adalah puding strawberry. Bikinnya pake susu UHT strawberry, susu kental manis putih, dn potongan strawberry segar, jd warna pudingnya pink muda, cantik bgt ddeh. Nah berhubung di rumah adanya susu serba cokelat, yaudah deh saya modif jd puding cokelat. Prinsipnya tetep sama sih, yaitu puding kukus. Jadi mau dimodif dg berbagai rasa lain dn topping lain pun kayanya bisa2 aja. Ayoo dicoba deh, dijamin gampang, cepet, praktis krn ngukusnya barengan sambil masak nasi. Hihi... :D

Selamat mencobaaa :D

XOXO

{ASI TALK} ASI Rasa Pedas?

Waktu Asha baru lahir, aku diwanti-wantiii bgt sm ibuku untuk ga makan pedes. Krn menurut beliau, klo aku makan pedes nanti ASInya ikut pedes dn Asha bs sakit perut dn mencret. Saya sih agak ga percaya dn tetep curi2 makan pedes kalo ga keliatan ibu ;p. Apalagi kata AIMI (asosiasi ibu menyusui indonesia), gapapa ibu menyusui makan pedes, ga akan bikin ASI ikut pedes jg. Jd aku lebih percaya AIMI aja deh.

Kebetulan saya jg ga maniak2 amat sm pedes dn sambel, jd ga masalah jg sih kalo ga bs makan pedes sering2. Selama ini jg ga terlalu ngamatin pupnya Asha setelah saya makan yg pedes2. Sampe barusan, pagi ini saya makan gurilem pedes. Mumpung lg di Bandung, jd kangen bgt pengen makan kerupuk gurilem pedes. Pagi2 blm makan nasi, cm sarapan sereal dn susu, saya lgsg makan gurilem pedes. Sayanya sih gpp, tp ternyata Ashanya jd kenapa-napa. Pas lg tidur siang sambil nenen, kedengeran suara perut Asha krucuk2 dn Asha pup sambil tidur. Dari baunya kayanya pup Asha cair, alias mencret. Nah lo! Apa gara2 saya makan gurilem pedes?? Emang sih klo dirasa2, perut saya rasanya panas. Apalagi sampe siang ni blm makan nasi jg. Hadeuuhh..

Klo iya Asha mencret dn perutnya krucuk2 krn saya makan gurilem pedes, berarti ada hubungannya dong antara busui makan pedes dn bayi mencret. Huhu.. Maafin ibu yaa, nak. Ibu egois sendiri. Harusnya ibu makan nasi dl sebelum makan pedes, biar Asha ga minum pedes dr ASI. Harusnya kalo busui mau makan pedes, perutnya hrs diisi makanan dl, jgn dlm keadaan perut kosong. Perasaan dulu2 makan cengek pun ga ngaruh apa2 ke Asha. Krn dl kalo makan  pedes, biasanya sambil makan nasi. Hari ini krn kalap pengen ngemil kerupuk gurilem tanpa sarapan dulu, jd aja Asha ikutan panas perut dn mencret. Huhu.. Maafin ibu ya, nak :'(

Ibu sayang Asha :*

XOXO

{HEALTH} Masuk Angin

Minggu lalu Asha yg masuk angin, skrg giliran saya yg masuk angin. Huhu... T~T Ko bergilir gini sih anginnya masuk ke tubuh Asha dn saya? Mudah2an Mas Pram ga ikut kena giliran jg.

Jadi kmrn siang itu tiba2 perut saya melilit, sakiiittt bgt. Sakit perutnya ngingetin masa masa2 mau lahiran, krn rasanya mirip kaya pembukaan 4 atau 5. Suer deeh saya blm pernah ngerasain mules kaya mau lahiran selain gara gara masuk angin kmrn itu. Mana perut melilitnya jg pake frekuensi tiap sekian menit sekali.

Oya jd buat yg bertanya-tanya kaya apa sakit perut waktu kontraksi mau lahiran, percayalah rasanya ga jauh beda sm sakit perut melilit waktu masuk angin, tapi dgn intensitas yg bs 10 kali lebih dahsyat kalo udh masuk pembukaan 9 ke 10. Klo yg ga belajar relaksasi dn hypnobirth kaya saya dl *krn ga sempet melulu* pasti ga tahan buat teriak terutama di bukaan 9 ke 10. Klo yg belajar dn rajin latihan pasti waktu lg mules jg tetep tenang dn tersenyum. Cita-cita bgt tuh kalo lahiran adiknya Asha pengen gentle birth, ga pake teriak-teriak dn ngeden. Eh loh ko malah jd cerita lahiran yaa...? Salah fokus. Back to cerita masuk angin saya lagi.

Beuhh pokoknya gara-gara perut melilit, saya sampe ga bs ngapa ngapain. Pdhl menu buka puasa Mas Pram blm disiapin. Saking ga tahannya, akhirnya saya minum Diapet. Ini salah satu obat andalan Mas Pram yg selalu stand by dibawa di dalam tas kerjanya bersama obat obatan lain. Dulu saya agak under estimate khasiat dr diapet, soalnya kn dia itu jamu yg komposisinya dr tumbuh-tumbuhan. Klo dibandingkan dg Loperamida HCl yg memang zat aktif alias obat untuk indikasi diare, saya yg background nya farmasi lebih percaya sm khasiat Loperamid. Eh tapiiiiiii ternyataaaaa Diapet okeh bgt, manjur bgt looooh!!! Dan poin plusnya, dia obat alami bukan sintetis. Lagi melilit-melilitnya perut dn udh entah brp kali bolak balik kamar mandi, begitu makan 2 kapsul Diapet, ga berapa lama rasa melilitnya hilang sama sekali. Saya lgsg bs aktivitas lg. Alhmdlh lgsg cepet gt khasiatnya ke badan saya. Dan saya pikir itu cm tahan brp jam doang, tapi ternyata sampe besok paginya perut saya sdh aman damai sentosa. Yeaaayy!! :D Hrs nyetok selalu Diapet di rumah untuk keadaan darurat perut mulas disertai diare. Ini bukan iklan loohh tapi testimoni.

Oya selama saya sakit perut, Mas Pram baiiikk bgt deh sm saya. Ngusap-ngusap punggung dn perut saya pake minyak telon biar hangat. Hbs diusap rasanya sakit perut saya pelan-pelan reda krn rasanya hangat dn sentuhan tangan suami itu rasanya memang membuat nyaman. Aahh senangnyaaaaa... :3

Dipikir pikir saya masuk angin kayanya gara gara cuaca ga jelas di Depok yg lg banyak angin dn sering hujan. Plus klo malem-malem karena nenenin Asha jd perut saya sering kebuka. Buat ibu-ibu yg nenenin anaknya tiap malem jgn lupa tutupin perutnya pake selimut yaa, biar ga masuk angin kaya saya. Percaya deh klo ibu sampe sakit, walau cm masuk angin, akan bikin repot anak suami. Memang yaa jd ibu itu harus selalu sehat biar anak dn suami ga terbengkalai.

Semuanyaaa jaga kesehatan baik baik yaa di bulan puasa musim pancaroba beginiii. Stay healthy :)

XOXO

{RESEP} Tongseng Sapi

Kemarin tumben bgt Mas Pram request menu buka puasa. Mas Pram minta dibikinin tongseng begitu tau saya belanja daging sapi. Waahhh tongseng???? Gmn masaknya yah? Saya kan jaraang bgt ngolah daging sapi. Untung ada google jd bs dapet resep tongseng. Menyelamatkanku sekalii dn menyelamatkan perut lapar Mas Pram. Hehe.. :D

Pas bac resepnya ternyata ga ribet bikinnya. Bumbunya jg kebanyakan udh ada di rumah, jd lgsg cusss masak tongseng buat suamiku tercinta. Begini dia resepnya setelah agak dimodif dikiit sm saya.

{RESEP} Tongseng Sapi

BAHAN

- 500 gr daging sapi, potong-potong, rebus dahulu hingga empuk. Air sisa rebusan tidak dibuang krn akan dipakai untuk masak tongseng *krn harga daging sapi lg mahal, jadinya saya cm pake 250 gr daging sapi*

- 150 gr kol, diiris tipis *saya kelupaan ga beli kol, jd kmrn itu bikin tongsengnya tanpa kol. serasa ada yg kurang deh makan tongseng ga pake irisan kol. etapi rasanya ttp enak ko*

- 1 sendok makan air asam *honestly i don't know what air asam is. ga tau gmn bikinnya atau dimana belinya. jd saya pake satu ruas asem yg saya dpt dr paketan sayur asem, cm biar rasa tongsengnya ada asem-asemnya. mgkn klo diskip pun ga terlalu masalah*

- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 6 butir bawang merah, diiris tipis
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh saus tiram, bs diskip sih
- Gula dn garam secukupnya

BUMBU HALUS

- 3 butir bawang putih
- merica sedikit

- 1 sendok makan ketumbar sangrai *tp waktu saya bikin, ga saya sangrai dl sih ketumbarnya. ribet bo :p*

- 2 cm jahe *kalo saya bikinnya si jahe cuma digeprek doang, ga jd halus*

- 2 cm lengkuas *begitupun dg lengkuas digeprek doang*

CARA

- Tumis bawang merah dg 3 sendok makan minyak goreng hingga bawang berubah warna.

- Masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, aduk hingga bumbu harum.

- Masukkan daging yg sudah direbus, lalu tambahkan air rebusan daging. Masak hingga mendidih. *bila air dr rebusan daging dirasa kurang, bs ditambah air lagi*

- Tambahkan kecap manis, saos tiram, asem. Masak dlm api kecil.

- Saat air mulai susut, tambahkan gula garam secukupnya dn irisan kol. Aduk2 sampe masak.

Gampang kan bikinnya? Yg penting dagingnya hrs empuk yaa biar enak disantap. Asha aja yaa makan tongseng ini lahap bgt. Ga pake acara lepeh2 makanan. Rasa kuahnya nendang walau ga pake micin. Lalu krn dimasak pake api kecil, jd bumbu2nya ngeresep ke daging dn bikin rasa dagingnya makin enak. Pokoknya Asha makan banyak bgt, Mas Pram juga, saya juga. Hehe.. Bisa jd salah satu resep andalan deh ini. Makasih yaa Mas Pram udh nyuruh bikin tongseng. Klo ga disuruh, saya ga akan pernah kepikiran masak beginian. Kepikirannya masak daging sapi pake bumbu instan. No no no. Asha ga bs ikut makan dong klo pake bumbu instan.

Selamat mencoba ya :)

XOXO

{ASI TALK} Ibu Puasa Ko Asha Mencret?

Alhamdulillah puasa tahun ini saya dn Asha bisa kumpul sm Mas Pram sebagai satu keluarga utuh yg tinggal satu atap. Dua tahun kebelakang kami selalu menjalani bulan Ramadhan secara terpisah, krn saat itu saya dn Asha msh tinggal di Bandung krn kerja saya di Bandung, sedangkan Mas Pram sendirian ngekos di Jakarta. Hiks..  kesian bgt suamiku Maafin yaa, Mas.. :(

Ramadhan dua tahun lalu saya sedang hamil trimester kedua. Waktu itu saya sempet puasa duapuluh hari, sambil kepayahan krn hrs ngantor sampe sore dn selaluuu buka puasa di jalan. Sedih bgt deh kalo diinget-inget. Ramadhan tahun lalu saya sm sekali ga puasa, krn saya mau produksi ASI saya tetep lancar. Waktu itu saya kan msh bekerja, jd sewaktu di kantor saya hrs selalu mompa ASI biar stok ASIP untuk Asha selalu ada selama saya tinggal kerja. Saya takut klo saya puasa produksi ASI saya menurun. Kan kesian Asha klo ASIPnya berkurang atau komposisi gizinya berubah krn ibunya puasa.

Nah Ramadhan tahun ini diawali dgn saya yg dapet menstruasi pertama pasca melahirkan Asha. Saya baru ikut puasa di hari kelima. Baru sehari saya puasa, besokannya Asha masuk angin dn pup nya cair. Hiks.. :'( Entah kebetulan Asha masuk angin atau gara gara saya puasa Asha jd masuk angin dan pupnya jd cair. Pokoknya waktu hari kedua saya puasa, saya amati Asha nenen kayanya kesusahan bgt mau nenen ASI saya. Kaya ga ada yg diminum dn dia jg kaya ga bs nelen apa- apa, jd walaupun Asha nenen tp cm ngempeng doang. Hiks... Sediihh bgt :'(

Hari ketiga saya puasa, pagipaginya pup Asha msh cair. Saat itu saya putuskan untuk ga puasa dl hari itu. Sampe Asha fit saya berencana untuk ga puasa. Ya walaupun sedih ga bs ikut puasa lg dn ngerasa berdosa, tp demi Asha ya mau gmn lg? Masa saya mau biarin Asha terus-terusan nenen ASI kosong? Walau Asha udh 18 bulan, udh makan, dn udh bs minum susu UHT, tp bagi Asha ASI itu tetap tak tergantikan. ASI tetap salah satu menu utama buat Asha. Alhmdlh hari itu saya amati Asha bs nenen sampe puas. Kedengeran bgt dia nelen ASI sampe gluk gluk. Payudara saya jg ga kerasa kempes kaya waktu saya puasa, rasanya payudara saya jg penuh terisi ASI. Bahagiaaaa bgt rasanya bisa liat Asha nenen sampe kenyang.

Sampe saat itu saya blm tau kaitan antara saya puasa dn Asha yg masuk angin sampe pup nya cair. Trs sorenya saya ngobrol sm ibu tetangga, ceritain ttg Asha yg mencret dn masuk angin waktu saya puasa. Ternyata ada ibu tetangga yg lain ngalamin hal yg sama kaya saya. Waktu ibunya puasa, bayinya yg blm satu tahun lgsg masuk angin dn pup nya jd cair, jd ibunya berhenti puasa demi anaknya. Ooohh ternyata ada yg samaan kaya saya dn Asha. Waktu malemnya Asha pup, saya amati pup nya mulai padet, ga secair waktu saya puasa. Trs perut Asha jg udh berkurang bunyi krucuk-krucuknya.

Hari ini saya ga puasa lagi dan saya perhatiin Asha puas bgt nenen ASInya, trs sampe sore blm pup. Mudah mudahan masuk anginnya udh sembuh. Kesian Asha gara gara sempet mencret jd lgsg keliatan kurus pdhl badannya udh kecil. Huhu.... T-T

Hal ini mgkn ga berlaku yaa buat sebagian ibu menyusui dn bayinya. Jadi buat ibu menyusui yg ga ada masalah sm bayinya, memang sebaiknya ikut puasa. Saya jg pengennya puasa tp ya gmn lg, keadaan Asha ga memungkinkan. Insya Allah klo masih ada umur saya harus ganti puasa saya bbrp tahun ini. Karena pernah baca, katanya puasa Ramadhan yg ditinggalkan ibu hamil dn menyusui lebih utama diganti dg puasa di lain hari. Krn kondisi hamil dn menyusui hanya sementara dn tidak seperti manula atau org dg penyakit keras yg tidak diwajibkan puasa, tp hrs bayar fidyah sbg penggantinya. Tp trs terang saya blm tau pastinya gmn. Jd biar aman ttp bayar fidyah dn ganti puasanya di lain hari.

Buat ibu hamil dn menyusui yg menjalani puasa, semangat yaaa...!! :D Banyak minum, makan bergizi, dn suplemen, waktu sahur dn berbuka. Selamat berpuasaaaa :D

XOXO

-----------update-------------

Menjelang maghrib akhirnya Asha pup. Alhmdlh udh mulai padet pup nya. Apakah kebetulan hr ini Asha sembuh masuk anginnya atau akibat saya ga puasa hr ini? Ga jelas jg. Yg pasti cuaca di Depok memang lg ga enak bgt, banyak angin dn bikin anak anak disekitar rmh jg pada sakit. Buat antisipasi Asha biar ga masuk angin lg, saya ngalah untuk ga puasa dl demi bisa ngasih ASI buat Asha.

Btw saya jg barusan googling bahwa bbrp ibu jg ada yg ngalamin kasus yg sama kaya saya dn Asha : ibunya puasa anaknya mencret. Pdhl banyak artikel jg yg bilang klo puasa ga akan mempengaruhi kualitas dn kuantitas ASI, krn selama puasa tubuh ibu akan mengambil cadangan gizi yg dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Hmm lgsg ngaca dn liat badan saya, udh habis kayanya hasil dr ngasuh Asha sendirian. Badan segini apa msh ada cadangan gizi yg mencukupi utk produksi ASI? Yaudhlah yaa liat sisi baiknya aja, saya ga puasa dua hari, Asha lgsg keliatan tembem dn tambah berat. Pdhl dua hari sblmnya Asha keliatan kuyus akibat mencret. Demi Asha sehat Ibu bolos puasa lagi tahun ini. Sehat terus yaa, nak. Ibu sayang Asha :*

XOXO

{RESEP} Puding Roti Cokelat Keju

Mau share resep puding hasil contekan dr grup facebook DAPUR SEHAT IBU ahhh. Rasanya enaakk loh, mengenyangkan dn bergjziii :) Awalnya bikin ini buat cemilan Asha. Awalnya Asha sempet doyan makan ini. Tapi lama2 bosen jg dianya. Yaudh ibunya aja yg ngembat, habis enak siihh rasanya :9

--------update--------

Krn bahan buat bikin puding masih ada, jd selama tiga hr saya trs bikin puding. Ternyata Asha lahap makannya. Waktu itu mgkn dia lg males, jd lepeh2 puding. Pdhl sebenernya Asha doyan. Sampe habis setengah mangkok sekali makan. Setengahnya lg buat ibunya doonng :p Lumayan bs jd salah satu cemilan untuk boost berat badan Asha krn puding ini ada telur, roti, susu, dn cokelatnya. Wah pokoknya jd salah satu cemilan andalan deh.

--------fin update--------

BAHAN

- telur 1 butir
- roti tawar 1 lembar
- susu UHT coklat 125 ml /  1 kotak uk sedang
- susu kental manis cokelat 2 sendok makan
- keju parut utk taburan atau satu keju lembaran
- meises untuk taburan

CARA

- Sobek sobek roti tawar
- Masukan telur, susu kental manis, dn susu UHT , lalu dikosok hingga semua bahan tercampur
- tuang ke dalam cetakan, saya pake mangkok melamin kecil yg bagian dlmnya dilapis alumunium foil
- tabur meises di bagian atas adonan puding hingga semua bagian tertutup meises
- tutup lagi dengan keju lembaran atau keju parut
- kukus selama 20 menit, atau hingga matang , klo saya ngukusnya barengan sm masak nasi di rice cooker jd praktis deh

Oya resep asli di grup DAPUR SEHAT IBU itu awalnya adalah puding strawberry. Bikinnya pake susu UHT strawberry, susu kental manis putih, dn potongan strawberry segar, jd warna pudingnya pink muda, cantik bgt ddeh. Nah berhubung di rumah adanya susu serba cokelat, yaudah deh saya modif jd puding cokelat. Prinsipnya tetep sama sih, yaitu puding kukus. Jadi mau dimodif dg berbagai rasa lain dn topping lain pun kayanya bisa2 aja. Ayoo dicoba deh, dijamin gampang, cepet, praktis krn ngukusnya barengan sambil masak nasi. Hihi... :D

Selamat mencobaaa :D

XOXO

 

My Lavender Love Story Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal