Tuesday, July 30, 2013

{ASI TALK} ASI Rasa Pedas?

0 comments

Waktu Asha baru lahir, aku diwanti-wantiii bgt sm ibuku untuk ga makan pedes. Krn menurut beliau, klo aku makan pedes nanti ASInya ikut pedes dn Asha bs sakit perut dn mencret. Saya sih agak ga percaya dn tetep curi2 makan pedes kalo ga keliatan ibu ;p. Apalagi kata AIMI (asosiasi ibu menyusui indonesia), gapapa ibu menyusui makan pedes, ga akan bikin ASI ikut pedes jg. Jd aku lebih percaya AIMI aja deh.

Kebetulan saya jg ga maniak2 amat sm pedes dn sambel, jd ga masalah jg sih kalo ga bs makan pedes sering2. Selama ini jg ga terlalu ngamatin pupnya Asha setelah saya makan yg pedes2. Sampe barusan, pagi ini saya makan gurilem pedes. Mumpung lg di Bandung, jd kangen bgt pengen makan kerupuk gurilem pedes. Pagi2 blm makan nasi, cm sarapan sereal dn susu, saya lgsg makan gurilem pedes. Sayanya sih gpp, tp ternyata Ashanya jd kenapa-napa. Pas lg tidur siang sambil nenen, kedengeran suara perut Asha krucuk2 dn Asha pup sambil tidur. Dari baunya kayanya pup Asha cair, alias mencret. Nah lo! Apa gara2 saya makan gurilem pedes?? Emang sih klo dirasa2, perut saya rasanya panas. Apalagi sampe siang ni blm makan nasi jg. Hadeuuhh..

Klo iya Asha mencret dn perutnya krucuk2 krn saya makan gurilem pedes, berarti ada hubungannya dong antara busui makan pedes dn bayi mencret. Huhu.. Maafin ibu yaa, nak. Ibu egois sendiri. Harusnya ibu makan nasi dl sebelum makan pedes, biar Asha ga minum pedes dr ASI. Harusnya kalo busui mau makan pedes, perutnya hrs diisi makanan dl, jgn dlm keadaan perut kosong. Perasaan dulu2 makan cengek pun ga ngaruh apa2 ke Asha. Krn dl kalo makan  pedes, biasanya sambil makan nasi. Hari ini krn kalap pengen ngemil kerupuk gurilem tanpa sarapan dulu, jd aja Asha ikutan panas perut dn mencret. Huhu.. Maafin ibu ya, nak :'(

Ibu sayang Asha :*

XOXO

Sunday, July 21, 2013

{HEALTH} Masuk Angin

0 comments

Minggu lalu Asha yg masuk angin, skrg giliran saya yg masuk angin. Huhu... T~T Ko bergilir gini sih anginnya masuk ke tubuh Asha dn saya? Mudah2an Mas Pram ga ikut kena giliran jg.

Jadi kmrn siang itu tiba2 perut saya melilit, sakiiittt bgt. Sakit perutnya ngingetin masa masa2 mau lahiran, krn rasanya mirip kaya pembukaan 4 atau 5. Suer deeh saya blm pernah ngerasain mules kaya mau lahiran selain gara gara masuk angin kmrn itu. Mana perut melilitnya jg pake frekuensi tiap sekian menit sekali.

Oya jd buat yg bertanya-tanya kaya apa sakit perut waktu kontraksi mau lahiran, percayalah rasanya ga jauh beda sm sakit perut melilit waktu masuk angin, tapi dgn intensitas yg bs 10 kali lebih dahsyat kalo udh masuk pembukaan 9 ke 10. Klo yg ga belajar relaksasi dn hypnobirth kaya saya dl *krn ga sempet melulu* pasti ga tahan buat teriak terutama di bukaan 9 ke 10. Klo yg belajar dn rajin latihan pasti waktu lg mules jg tetep tenang dn tersenyum. Cita-cita bgt tuh kalo lahiran adiknya Asha pengen gentle birth, ga pake teriak-teriak dn ngeden. Eh loh ko malah jd cerita lahiran yaa...? Salah fokus. Back to cerita masuk angin saya lagi.

Beuhh pokoknya gara-gara perut melilit, saya sampe ga bs ngapa ngapain. Pdhl menu buka puasa Mas Pram blm disiapin. Saking ga tahannya, akhirnya saya minum Diapet. Ini salah satu obat andalan Mas Pram yg selalu stand by dibawa di dalam tas kerjanya bersama obat obatan lain. Dulu saya agak under estimate khasiat dr diapet, soalnya kn dia itu jamu yg komposisinya dr tumbuh-tumbuhan. Klo dibandingkan dg Loperamida HCl yg memang zat aktif alias obat untuk indikasi diare, saya yg background nya farmasi lebih percaya sm khasiat Loperamid. Eh tapiiiiiii ternyataaaaa Diapet okeh bgt, manjur bgt looooh!!! Dan poin plusnya, dia obat alami bukan sintetis. Lagi melilit-melilitnya perut dn udh entah brp kali bolak balik kamar mandi, begitu makan 2 kapsul Diapet, ga berapa lama rasa melilitnya hilang sama sekali. Saya lgsg bs aktivitas lg. Alhmdlh lgsg cepet gt khasiatnya ke badan saya. Dan saya pikir itu cm tahan brp jam doang, tapi ternyata sampe besok paginya perut saya sdh aman damai sentosa. Yeaaayy!! :D Hrs nyetok selalu Diapet di rumah untuk keadaan darurat perut mulas disertai diare. Ini bukan iklan loohh tapi testimoni.

Oya selama saya sakit perut, Mas Pram baiiikk bgt deh sm saya. Ngusap-ngusap punggung dn perut saya pake minyak telon biar hangat. Hbs diusap rasanya sakit perut saya pelan-pelan reda krn rasanya hangat dn sentuhan tangan suami itu rasanya memang membuat nyaman. Aahh senangnyaaaaa... :3

Dipikir pikir saya masuk angin kayanya gara gara cuaca ga jelas di Depok yg lg banyak angin dn sering hujan. Plus klo malem-malem karena nenenin Asha jd perut saya sering kebuka. Buat ibu-ibu yg nenenin anaknya tiap malem jgn lupa tutupin perutnya pake selimut yaa, biar ga masuk angin kaya saya. Percaya deh klo ibu sampe sakit, walau cm masuk angin, akan bikin repot anak suami. Memang yaa jd ibu itu harus selalu sehat biar anak dn suami ga terbengkalai.

Semuanyaaa jaga kesehatan baik baik yaa di bulan puasa musim pancaroba beginiii. Stay healthy :)

XOXO

Friday, July 19, 2013

{RESEP} Tongseng Sapi

1 comments

Kemarin tumben bgt Mas Pram request menu buka puasa. Mas Pram minta dibikinin tongseng begitu tau saya belanja daging sapi. Waahhh tongseng???? Gmn masaknya yah? Saya kan jaraang bgt ngolah daging sapi. Untung ada google jd bs dapet resep tongseng. Menyelamatkanku sekalii dn menyelamatkan perut lapar Mas Pram. Hehe.. :D

Pas bac resepnya ternyata ga ribet bikinnya. Bumbunya jg kebanyakan udh ada di rumah, jd lgsg cusss masak tongseng buat suamiku tercinta. Begini dia resepnya setelah agak dimodif dikiit sm saya.

{RESEP} Tongseng Sapi

BAHAN

- 500 gr daging sapi, potong-potong, rebus dahulu hingga empuk. Air sisa rebusan tidak dibuang krn akan dipakai untuk masak tongseng *krn harga daging sapi lg mahal, jadinya saya cm pake 250 gr daging sapi*

- 150 gr kol, diiris tipis *saya kelupaan ga beli kol, jd kmrn itu bikin tongsengnya tanpa kol. serasa ada yg kurang deh makan tongseng ga pake irisan kol. etapi rasanya ttp enak ko*

- 1 sendok makan air asam *honestly i don't know what air asam is. ga tau gmn bikinnya atau dimana belinya. jd saya pake satu ruas asem yg saya dpt dr paketan sayur asem, cm biar rasa tongsengnya ada asem-asemnya. mgkn klo diskip pun ga terlalu masalah*

- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 6 butir bawang merah, diiris tipis
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh saus tiram, bs diskip sih
- Gula dn garam secukupnya

BUMBU HALUS

- 3 butir bawang putih
- merica sedikit

- 1 sendok makan ketumbar sangrai *tp waktu saya bikin, ga saya sangrai dl sih ketumbarnya. ribet bo :p*

- 2 cm jahe *kalo saya bikinnya si jahe cuma digeprek doang, ga jd halus*

- 2 cm lengkuas *begitupun dg lengkuas digeprek doang*

CARA

- Tumis bawang merah dg 3 sendok makan minyak goreng hingga bawang berubah warna.

- Masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, aduk hingga bumbu harum.

- Masukkan daging yg sudah direbus, lalu tambahkan air rebusan daging. Masak hingga mendidih. *bila air dr rebusan daging dirasa kurang, bs ditambah air lagi*

- Tambahkan kecap manis, saos tiram, asem. Masak dlm api kecil.

- Saat air mulai susut, tambahkan gula garam secukupnya dn irisan kol. Aduk2 sampe masak.

Gampang kan bikinnya? Yg penting dagingnya hrs empuk yaa biar enak disantap. Asha aja yaa makan tongseng ini lahap bgt. Ga pake acara lepeh2 makanan. Rasa kuahnya nendang walau ga pake micin. Lalu krn dimasak pake api kecil, jd bumbu2nya ngeresep ke daging dn bikin rasa dagingnya makin enak. Pokoknya Asha makan banyak bgt, Mas Pram juga, saya juga. Hehe.. Bisa jd salah satu resep andalan deh ini. Makasih yaa Mas Pram udh nyuruh bikin tongseng. Klo ga disuruh, saya ga akan pernah kepikiran masak beginian. Kepikirannya masak daging sapi pake bumbu instan. No no no. Asha ga bs ikut makan dong klo pake bumbu instan.

Selamat mencoba ya :)

XOXO

Wednesday, July 17, 2013

{ASI TALK} Ibu Puasa Ko Asha Mencret?

0 comments

Alhamdulillah puasa tahun ini saya dn Asha bisa kumpul sm Mas Pram sebagai satu keluarga utuh yg tinggal satu atap. Dua tahun kebelakang kami selalu menjalani bulan Ramadhan secara terpisah, krn saat itu saya dn Asha msh tinggal di Bandung krn kerja saya di Bandung, sedangkan Mas Pram sendirian ngekos di Jakarta. Hiks..  kesian bgt suamiku Maafin yaa, Mas.. :(

Ramadhan dua tahun lalu saya sedang hamil trimester kedua. Waktu itu saya sempet puasa duapuluh hari, sambil kepayahan krn hrs ngantor sampe sore dn selaluuu buka puasa di jalan. Sedih bgt deh kalo diinget-inget. Ramadhan tahun lalu saya sm sekali ga puasa, krn saya mau produksi ASI saya tetep lancar. Waktu itu saya kan msh bekerja, jd sewaktu di kantor saya hrs selalu mompa ASI biar stok ASIP untuk Asha selalu ada selama saya tinggal kerja. Saya takut klo saya puasa produksi ASI saya menurun. Kan kesian Asha klo ASIPnya berkurang atau komposisi gizinya berubah krn ibunya puasa.

Nah Ramadhan tahun ini diawali dgn saya yg dapet menstruasi pertama pasca melahirkan Asha. Saya baru ikut puasa di hari kelima. Baru sehari saya puasa, besokannya Asha masuk angin dn pup nya cair. Hiks.. :'( Entah kebetulan Asha masuk angin atau gara gara saya puasa Asha jd masuk angin dan pupnya jd cair. Pokoknya waktu hari kedua saya puasa, saya amati Asha nenen kayanya kesusahan bgt mau nenen ASI saya. Kaya ga ada yg diminum dn dia jg kaya ga bs nelen apa- apa, jd walaupun Asha nenen tp cm ngempeng doang. Hiks... Sediihh bgt :'(

Hari ketiga saya puasa, pagipaginya pup Asha msh cair. Saat itu saya putuskan untuk ga puasa dl hari itu. Sampe Asha fit saya berencana untuk ga puasa. Ya walaupun sedih ga bs ikut puasa lg dn ngerasa berdosa, tp demi Asha ya mau gmn lg? Masa saya mau biarin Asha terus-terusan nenen ASI kosong? Walau Asha udh 18 bulan, udh makan, dn udh bs minum susu UHT, tp bagi Asha ASI itu tetap tak tergantikan. ASI tetap salah satu menu utama buat Asha. Alhmdlh hari itu saya amati Asha bs nenen sampe puas. Kedengeran bgt dia nelen ASI sampe gluk gluk. Payudara saya jg ga kerasa kempes kaya waktu saya puasa, rasanya payudara saya jg penuh terisi ASI. Bahagiaaaa bgt rasanya bisa liat Asha nenen sampe kenyang.

Sampe saat itu saya blm tau kaitan antara saya puasa dn Asha yg masuk angin sampe pup nya cair. Trs sorenya saya ngobrol sm ibu tetangga, ceritain ttg Asha yg mencret dn masuk angin waktu saya puasa. Ternyata ada ibu tetangga yg lain ngalamin hal yg sama kaya saya. Waktu ibunya puasa, bayinya yg blm satu tahun lgsg masuk angin dn pup nya jd cair, jd ibunya berhenti puasa demi anaknya. Ooohh ternyata ada yg samaan kaya saya dn Asha. Waktu malemnya Asha pup, saya amati pup nya mulai padet, ga secair waktu saya puasa. Trs perut Asha jg udh berkurang bunyi krucuk-krucuknya.

Hari ini saya ga puasa lagi dan saya perhatiin Asha puas bgt nenen ASInya, trs sampe sore blm pup. Mudah mudahan masuk anginnya udh sembuh. Kesian Asha gara gara sempet mencret jd lgsg keliatan kurus pdhl badannya udh kecil. Huhu.... T-T

Hal ini mgkn ga berlaku yaa buat sebagian ibu menyusui dn bayinya. Jadi buat ibu menyusui yg ga ada masalah sm bayinya, memang sebaiknya ikut puasa. Saya jg pengennya puasa tp ya gmn lg, keadaan Asha ga memungkinkan. Insya Allah klo masih ada umur saya harus ganti puasa saya bbrp tahun ini. Karena pernah baca, katanya puasa Ramadhan yg ditinggalkan ibu hamil dn menyusui lebih utama diganti dg puasa di lain hari. Krn kondisi hamil dn menyusui hanya sementara dn tidak seperti manula atau org dg penyakit keras yg tidak diwajibkan puasa, tp hrs bayar fidyah sbg penggantinya. Tp trs terang saya blm tau pastinya gmn. Jd biar aman ttp bayar fidyah dn ganti puasanya di lain hari.

Buat ibu hamil dn menyusui yg menjalani puasa, semangat yaaa...!! :D Banyak minum, makan bergizi, dn suplemen, waktu sahur dn berbuka. Selamat berpuasaaaa :D

XOXO

-----------update-------------

Menjelang maghrib akhirnya Asha pup. Alhmdlh udh mulai padet pup nya. Apakah kebetulan hr ini Asha sembuh masuk anginnya atau akibat saya ga puasa hr ini? Ga jelas jg. Yg pasti cuaca di Depok memang lg ga enak bgt, banyak angin dn bikin anak anak disekitar rmh jg pada sakit. Buat antisipasi Asha biar ga masuk angin lg, saya ngalah untuk ga puasa dl demi bisa ngasih ASI buat Asha.

Btw saya jg barusan googling bahwa bbrp ibu jg ada yg ngalamin kasus yg sama kaya saya dn Asha : ibunya puasa anaknya mencret. Pdhl banyak artikel jg yg bilang klo puasa ga akan mempengaruhi kualitas dn kuantitas ASI, krn selama puasa tubuh ibu akan mengambil cadangan gizi yg dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Hmm lgsg ngaca dn liat badan saya, udh habis kayanya hasil dr ngasuh Asha sendirian. Badan segini apa msh ada cadangan gizi yg mencukupi utk produksi ASI? Yaudhlah yaa liat sisi baiknya aja, saya ga puasa dua hari, Asha lgsg keliatan tembem dn tambah berat. Pdhl dua hari sblmnya Asha keliatan kuyus akibat mencret. Demi Asha sehat Ibu bolos puasa lagi tahun ini. Sehat terus yaa, nak. Ibu sayang Asha :*

XOXO

{RESEP} Puding Roti Cokelat Keju

0 comments

Mau share resep puding hasil contekan dr grup facebook DAPUR SEHAT IBU ahhh. Rasanya enaakk loh, mengenyangkan dn bergjziii :) Awalnya bikin ini buat cemilan Asha. Awalnya Asha sempet doyan makan ini. Tapi lama2 bosen jg dianya. Yaudh ibunya aja yg ngembat, habis enak siihh rasanya :9

--------update--------

Krn bahan buat bikin puding masih ada, jd selama tiga hr saya trs bikin puding. Ternyata Asha lahap makannya. Waktu itu mgkn dia lg males, jd lepeh2 puding. Pdhl sebenernya Asha doyan. Sampe habis setengah mangkok sekali makan. Setengahnya lg buat ibunya doonng :p Lumayan bs jd salah satu cemilan untuk boost berat badan Asha krn puding ini ada telur, roti, susu, dn cokelatnya. Wah pokoknya jd salah satu cemilan andalan deh.

--------fin update--------

BAHAN

- telur 1 butir
- roti tawar 1 lembar
- susu UHT coklat 125 ml /  1 kotak uk sedang
- susu kental manis cokelat 2 sendok makan
- keju parut utk taburan atau satu keju lembaran
- meises untuk taburan

CARA

- Sobek sobek roti tawar
- Masukan telur, susu kental manis, dn susu UHT , lalu dikosok hingga semua bahan tercampur
- tuang ke dalam cetakan, saya pake mangkok melamin kecil yg bagian dlmnya dilapis alumunium foil
- tabur meises di bagian atas adonan puding hingga semua bagian tertutup meises
- tutup lagi dengan keju lembaran atau keju parut
- kukus selama 20 menit, atau hingga matang , klo saya ngukusnya barengan sm masak nasi di rice cooker jd praktis deh

Oya resep asli di grup DAPUR SEHAT IBU itu awalnya adalah puding strawberry. Bikinnya pake susu UHT strawberry, susu kental manis putih, dn potongan strawberry segar, jd warna pudingnya pink muda, cantik bgt ddeh. Nah berhubung di rumah adanya susu serba cokelat, yaudah deh saya modif jd puding cokelat. Prinsipnya tetep sama sih, yaitu puding kukus. Jadi mau dimodif dg berbagai rasa lain dn topping lain pun kayanya bisa2 aja. Ayoo dicoba deh, dijamin gampang, cepet, praktis krn ngukusnya barengan sambil masak nasi. Hihi... :D

Selamat mencobaaa :D

XOXO

Monday, July 15, 2013

[ASHA UPDATE] Asha Diurut

0 comments

Kmrn Asha diurut alias dipijet sm tukang pijet untuk pertama kalinya. Kmrn itu Asha pupnya cair, saya pikir pasti Asha masuk angin krn perutnya jg bunyi krucuk2. Krn saya msh blm pede jg ngasuh Asha yg sakit sendirian di rumah, makanya hari itu saya boyong Asha ke rumah Bulik. Kebetulan hari itu Bulik lg manggil tukang urut untuk ngurutin badannya yg pegel2. Yaudh akhirnya saya pikir sekalian aja Asha diurutin mumpung ada tukang urutnya. Apalagi Asha blm pernah diurut sebelumnya dn Asha lg masuk angin, mgkn aja hbs diurut badannya Asha lebih enakan dn masuk anginnya bs sembuh.

Asha ditelanjangin bulet bulet sampe popoknya jg dilepas, saya sempet khawatir klo Asha pipis atau pup trs beleber ke bantal dn alas tempat pijetannya. Tp kata nenek yg ngurutnya, ga papa ko kan udh umur segini ga akan sering pipisnya. Dn bener aja selama diurut sekitar 40 menit, Asha ga pipis atau pup. Tapiiiiiii sejak awal dilepasin bajunya Asha udh mulai nangis nangis dn nangisnya makin kejer waktu nenek mulai ngurut badan Asha. Walaaahh Asha nangisnya kaya disiksa aja pdhl neneknya ngurut pelan pelan. Kesiaaann bgt liat Asha nangis kejer kaya gitu, sampe badannya keringetan semua. Tp keringetan malah bgs sih biar anginnya cepet keluar dr tubuh Asha. Jd saya itu tega2in aja liat Asha nangis kenceng bgt dn histeris, pdhl dlm hati sediihh bgt liat anak ku nangis kaya gt. Akhirnya dengan posisi akrobat saya nenenin Asha yg sedang diurut tengkurep, nangisnya Asha lgsg berhenti begitu dinenenin. Tp saya nya hrs pasang posisi akrobat dl. Untung diurutnya di rumah jd lebih leluasa. Ternyata lama lama Asha menikmati jg diurut, walau lepas nenen tp Asha ga nangis lg dn malah keenakan diurut. Hehe..

Nenek yg ngurut Asha bilang klo urat urat Asha pada merengkel. Klo bayi hrsnya rutin dipijet biar sehat dn aliran darah lancar. Apalagi bayi yg baru bs belajar jalan, pasti kn pegel kakinya, jd hrs diurut rutin kira kira dua minggu sekali. Ooohh gituu saya baru tau. Nenek jg bilang klo ibu menyusui hrs rutin minun jamy godog untuk memperbanyak dn meningkatkan kualitas ASI biar anaknya jg sehat. Lah diriku kan mana pernah minum jamu. Jd sediiihh deh rasanya secara ga lgsg dituding bersalah krn ga pernah minum jamu demi kualitas ASI yg lebih bgs buat Asha. Hiks.. Katanya klo ga minum jamu ASI nya encer, anaknya ga kenyang nyusunya. Huhu.. Sempet patah hati deh waktu itu, apalagi klo liat badan Asha yg kecil dn susaaaahhhh bgt gendutnya. Usia 18 bulan dn berat Asha cm 9 kilo. Pdhl saya udh berusahaaa bgt nyuapin Asha trs dn masak berbagai variasi masakan buat Asha, tp tetep aja Asha sering lepeh makanan. Dan walau Asha makannya agak banyak tp tetep aja badannya segitu doang. Mgkn bulan dpn hrs bawa Asha ke dokter buat konsultasi berat badannya

Kata nenek klo habis diurut pasti anak akan keliatan bedanya, lebih bgs makannya, lebih pules tidurnya dn lebih enak badannya. Bener aja, hbs diurut Asha lgsg main dg lincah, lari-lari, teriak-teriak, kaya yg enak dn ringan bgt badannya. Tp soal makan ya tetep aja ga lebih lahap dr biasanya walau Asha makannya sempet nambah tp yaaa gitu kadang dilepeh jg. Kelincahan Asha berlanjut sampe malem menjelang bobo, sampe Mas Pram keheranan liat Asha ko lincah dn ceriaa bgt, lebih drpd biasanya. Makanya Insya Allah hbs ini mau rutin ngurut Asha tiap seminggu atau dua minggu sekali. Apalagi waktu ditanya, Asha diurut enak ga? Asha jawab, enaakkk :)

Mgkn nanti ibu nya Asha jg mau sekalian diurut juga biar badannya seger kaya Asha. Bapaknya jg jd kepengen diurut begitu ngeliat hasilnya ke badan Asha yg kayanya enak dn seger bgt. Etapiiii buat Mas Pram mau saya cariin tukang urut yg laki laki aja deh, ga rela deh biarin Mas Pram diurut sama perempuan walaupun nenek-nenek :p Lalu buat jamu godognya, mgkn akan saya coba beli deh. Ga ada salahnya  oba sesuatu demi kebaikan saya dn Asha.

Oya sedikit cerita tentang puasa. Jd saya baru ikut puasa di hari kelima krn sblmnya saya dpt menstruasi. Nah setelah selesai puasa di hari pertama itu lah, besokannya Asha masuk angin dn mencret. Hari kedua saya puasa, hari dmn Asha diurut, saya perhatiin pas Asha nenen sore2 kayanya dia ga nyedot apapun jd cuma ngempeng doang. Yaampuunn sedih bgt liatnya, Asha pengen nenen tp kayanya ga ada yg bs dia minum. Walau Asha udh 18 bulan, udh sering makan dn udh bs minum susu UHT, tp ASI tetep yg utama buat Asha. Hari ini, hari ketiga saya puasa, Asha pup nya masih cair. Dan walau baru jm 9 tp Asha kaya susah minum ASI nya. Akhirnya dg Bismillah dn mohon maaf sm Allah saya buka puasa demi bisa makan dn minum biar ASI saya ada isinya buat Asha. Krn Asha msh belum fit, masih masuk angin, jd kalo dia msh ga enak makan at least ASI saya bs berguna buat Asha. Mas Pram bilang gpp kan ibu menyusui ga puasa. Iya sih, tp saya merasa berdosa ga puasa lg tahun ini, krn pertimbangan Asha udh 18 bl dn udh bs makan banyak dn minum susu UHT. Tapi ternyata baru sehari puasa, eh kebetulan Asha nya masuk angin dn mencret. Yaudh deh kayanya saya ga puasa dl sampe Asha fit lagi. Semoga Allah meridhoi. Huhu.. Amin.

XOXO

Thursday, July 11, 2013

[ASHA UPDATE] Asha 17 Bulan

0 comments

Asha sudah 18 bulaaaannnn!! Sudah sah untuk disebut anak umur 1,5 tahun. She's no longer a baby. Huaaa..huaaa..ibu sedih sekaligus bahagia nak. Sedih krn kamu cepat besar dn masa2 bayi kamu yg sangat lucu dn menggemaskan ga akan terulang lg. Bahagia karena kamu sudah makin besar, pinter, alhmdlh selalu sehat dn selalu mengejutkan bapak dn ibu dgn tingkah2 lucu kamu. Terimakasih yaa Asha sudah hadir di hari2 bapak dn ibu, memberikan kebahagiaan dlm hidup kami. Mmmuuaaahh!!!

6 bulan lagi Asha harusnya sdh ga nenen ibu lg. Tp ko kalo diliat2 sampe skrg kayanya bakalan susah yaaa lepasin Asha dr nenen. Soalnya Asha addicted bgt sm nenen. Lagipula ibu masih ga rela klo berhenti nenenin Asha. Hbs saat2 nenenin Asha adalah saat membahagiakan buat ibu. Bs saling peluk2an, tatap2an, belai2, sayang2, bercanda2 sama Asha. Our precious momment yaa nak. Bapak aja sampe iri loh dn suka bilang, kalo bisa bapak jg pengen nenenin Asha. Hbs enak sih bisa dipeluk Asha. Hehe..

Tiap hr Asha tumbuh semakin pintar. Ini dia cerita Asha diumur 17 bulan kemaren :

MAKANAN KESUKAAN

- Jagung, masuk dlm daftar makanan kesukaan Asha yg baru. Awalnya waktu main ke rumah eyang disuguhin jagung rebus dn ternyata Asha sukaaaa sekali. Ibu kira Asha blm bs makan jagung krn ada kulit arinya yg susah ditelan. Eh taunya Asha udh bs looh makan jagung. Walau seringkali keluar lagi utuh lewat pup nya. Hihi..

- Belimbing, jadi buah kesukaan Asha jg skrg. Pertama kali coba dn lgsg sukaa. Krn juicy dn manis. Yuuumm :9

- Anggur, yeaay alhmdlh Asha skrg suka makan anggur. Dulu Asha ogah2an makan anggurnya, sering dilepeh. Makanya jarang Ibu beliin. Pas kmrn Ibu beli lrn ada harga spesial, ternyata Asha sukaaa. Sampe bilang mau mau melulu :)

- Belut, Asha sukaaa bgt makan belut sampe nambah2 lagi. Habisnya selama ini jarang nemu belut sih, jd ibu baru skrg beliin buat Asha. Alhmdlh Asha sukaaa :)

- Kentang goreng, Asha tau aja klo kentang goreng kesukaan sejuta umat. Awalnya makan kentang goreng di tempat Mba Nia. Makan rame2 sama Mba Nia, Mba Nadia, dn Mba Putri, Asha jd makin semangat makan kentang gorengnyaa. Sampe penasaran jg ngeliatin saos sambel dn saos tomat, pengen ikutan nyobain. Tp kan ga boleh dl yaa shaaa :)

- Sayur asem, yup! Asha lahaaapp bgt klo makan sayur asem. Paling favorit sm kacang panjang dn jagung nya. Tiap kali main ke Bulik dn kebetulan lg masak sayur asem, Asha lahap bgt makannya walaupun cm nasi sm kuahnya doang :p Makanya Ibu jd terpacu untuk coba bikin sayur asem buat Asha. Alhmdlh Asha jg suka sayur asem buatan Ibu :) Aahh Asha memang anak penyuka sayur :)

TINGKAH ASHA

- pose nenen favorit yaitu naik ke dada ibu sambil tengkurep nenen sampe ketiduran. Kaya pose IMD. Apa krn waktu lahir dl ga kesampaian IMD makanya skrg dipuas2in yaa, Sha? :) Klo ga pake pose ini, Asha ga tidur2. Asha selalu bilang, naik, kalo mau minta posisi ini. Hehe..

- hobi mindah2in barang, iseenng bgt deh Asha. Klo ada barang di tempat aneh, atau barang menghilang dr tempatnya, itu pasti ulah Asha. Hehe..

- baca buku, Asha lg hobi baca buku trs bilang, A, Be, Ce, Ce, Ce. Asha baru bisa mengeja sampe huruf C doang. Haha.. Lumayaann. Selain baca buku, Asha jg suka belajar pake kartu bergambar dn karpet ABC nya. Asha udh bs nyebutin bbrp gambar dn juga udh bs nunjukin gambar yg disebutin Bapak atau Ibu. Asha, Bapak, dn Ibu sering main tebak2an gambar di karpet ABC. Seneeng deh liat Asha makin pinter :)
Oya trs kmrn Asha dikasi buku untuk bayi 1+ year dr Bapaknya Mba Nia. Buku cilukbaa versi Strawberry shortcake baby. Lucu deh bukunya, ada flip nya yg bs dibuka. Ceritanya bayi diajak belajar mengenal hewan sambil main cilukbaa. Asha sukaaa bgt sama buku barunya dan skrg selalu ada di tempat tidur krn bukunya suka dibaca Asha sebelum tidur.

- Asha udh bs berdoa sebelum tidur, tapi cm baru bisa bilang amin doang sambil ngusapin kedua tangan ke muka :p Sebelum tidur Asha diajarin berdoa dulu, jd klo Ibu lupa berdoa dn Asha blm tidur2 jg walau udah lama gogoleran, Asha trs keingetan buat berdoa dl. Asha angkat kedua tangannya trs baca doa ngasal wasweswossweswoss sambil bisik2, klo udh selesai doa nya trs bilang amin. Hehe.. Eh Asha ga bilang amin ding, tapi nyamiiinnnn :p

- Asha klo mau bobo skrg harus selalu nonton video di hp Ibu. Terutama video waktu lagi main sm Mba Nia. Asha pasti nangis2 sambil bilang, niaa, niaaaa.. Klo ga Ibu kasi, Asha nangisnya makin menjadi. Huhu.. jangan sering yaa nak nonton video sblm tidurnya.

Ada jg kejadian tidak menyenangkan kmrn ini. Hiks..

- Asha suatu hari manjat2 guling di kasur sambil nempel ke tembok. Awalnya Ibu pegangin Asha, tp krn Ibu mau sms Bapak jd Ibu lepas Asha sebentar. Eh tau tau Asha kejedug tembok dn lgsg nangis. Ibu heran krn biasanya kalo Asha kejedug, Asha jarang nangis. Ko kali ini Asha nangis kaya yg kesakitan, pasti bkn gara2 kejedugnya. Krn Ibu khawatir, Ibu lihat keadaan Asha. Ternyata mulut Asha kepentok tembok, makanya Asha nangis kesakitan. Waktu Ibu periksa mulut Asha tau tau ada darah! Astaga, Ibu udh khawatir klo gigi Asha kenapa-napa. Ternyata bibir Asha berdarah krn ga sengaja kegigit waktu td nabrak tembok. Ibu lgsg ajak Asha minum air putih, dn ajaibnya Asha lgsg diem, berhenti nangisnya kaya ga ada apa-apa. Darahnya jg lgsg berhenti. Alhmdlh Asha baik2 aja. Tp trs Ibu ngerasa dosaaaa bgt sama Asha. Gara2 Ibu ngelepas Asha, Asha jd kejedot tembok sampe bibirnya berdarah. Maafin yaa nak :'(

- Lalu waktu itu Bapak dn Ibu ngajak Asha belanja menjelang persiapan puasa. Belanja di Giant yg ga seberapa jauh dr rumah. Krn naik motor, makanya Bapak Ibu sengaja cari yg paling deket dr rumah biar Asha ga kelamaan kena angin di motor. Besokannya Bapak Ibu ngajak Asha lagi keluar ke toko mainan, krn Asha udh lama ga dibeliin mainan baru. Toko mainan ini jg ga jauh dr rumah. Bapak Ibu pikir Asha udh cukup besar dn udh kuat diajak naik motor untuk jarak yg deket-deket. Ternyata nak, setelah sabtu minggu kmu diajak naik motor, hari senin nya dahi Asha anget. Pas Ibu cek suhu, sampe 38° C. Huhuhu.. Waktu itu sekitar jm 2 pagi. Bapak Ibu lgsg ga bs tidur. Ibu bikinin Asha ramuan bawang + minyak telon, Bapak yg balurin ke tubuh Asha, Asha nya bobo dgn lelap. Waktu pagi-pagi Asha bangun, suhunya udh turun jd 37° C. Pagi itu Bapak nyuruh Ibu untuk masakin bubur buat sarapan Asha. Ibu sempet ragu apa Asha masih mau makan bubur. Eh ternyata kamu lahap makan buburnya, nak. Alhmdlh.. Hari itu Asha tidur siang lama bgt. Dan alhmdlh, hbs itu suhu tubuh Asha udh kembali normal. Ternyata Asha msh blm bs diajak naik motor walau jaraknya dekat sekalipun, walau udh dipakein kaos kaki, jaket, topi sekalipun. Krn besokannya Asha lgsg masuk angin dn badannya anget. Maafin Bapak Ibu ya, nak :'(

YANG PALING MEMBAHAGIAKAN

Asha tumbuh 4 gigi baruuuuuu!!!! Yeaaayyyy!!!! Akhirnya datang lagi deh rombongan gigi baru Asha. Selamat datang gigi mungiiilll :) Dua gigi seri samping kanan kiri bagian bawah. Dan dua gigi geraham depan kanan kiri bagian atas. Asiiikkkk. Asha makin cantik deeh. Paass bgt bulan ini jg tooth gel Asha habis. Jadi mau Ibu beliin yg baru biar gigi2 Asha sehat dn kuat terus.

Oya, di bulan ini jg Ibu pertama kalinya dpt haid sejak ngelahirin Asha. Kaget Ibu. Sekaligus senang. Ternyata Ibu ga kebobolan. Waduh kebayang yaa klo Ibu kebobolan dn hamil adiknya Asha, kan kesian Asha masih pengen disayang dn diperhatiin total sm Bapak Ibu. Menjelang Asha 18 bulan dn menjelang bulan puasa, Ibu malah dapet haid. Alhmdlh deh. Rejeki :)

Tp ada terbersit rasa sedih di hati Ibu. Ibu dpt haid artinya krn Asha udh mulai jarang nenen Ibu, ga kaya dl lagi. Memang sih kalo Ibu inget2, Asha skrg udh jarang nenen. Klo tidur jg udh ga mempan pake nenen lg, tp krn Asha kecapean main. Huhu.. Asha udh mau gede ya?? Udh mulai mandiri dn ga butuh nenen Ibu lagi ya?? Pdhl Ibu gpp kalo Asha mau nenen sampe 2 tahun lebih. Hiks..

Banyaak jg ya cerita Asha 17 bulan. Makasih yaa Asha sdh mewarnai hari2 Ibu dn Bapak. Walau ada yg sedih tp lebih banyak senangnya. Asha sehat selalu yaa. Bapak dn Ibu selalu mendoakan kesehatan dn keselamatan Asha. Selamat 18 bulan yaa, cantiiikkk :)

XOXO

Tuesday, July 9, 2013

[ASI TALK] Nenek ASI

1 comments

Bbrp hari lalu main ke tempat Bulik. Dan waktu lg nenenin Asha tiba2 ada Bude yg bantu2 cuci setrika masuk ke dalam kamar buat masukin baju yg hbs disetrika. Dari dulu tiap Bude liat Asha nenen pasti komentarnya, "ko nenen melulu, udh besar juga, nenen nya jg udh ga ada isinya". Hari itu jg dia ngomong begitu. Pas awal2 diomongin begitu, beuuhh panass hati. Keseell rasanya. Tp skrg2 udh cuek ajalah, emg dia kaya gt kali. Haihh..kesian amat yaa sm orang2 yg ga tau manfaat ASI dn malah mengagung2kan susu formula. Seperti biasanya pula saya selalu jawab, "iya rencananya mau sampe 2 tahun dikasih ASI, ini jg masih keluar ko ASI nya".

Begitulah kira2 intronya. Hbs itu Bude lalu cerita, jangankan anak sendiri, yg bukan anaknya dn yg ga hamil aja bs keluar ASI nya kalo dinenenin trs. Ya, saya pernah denger juga, kalo ga salah di kelas AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), ada seorang ibu yg bertahun2 ga berhasil hamil lalu dia adopsi seorang bayi. Tiap hari dia biarkan si bayi itu nenen. Berbulan2 seperti itu, tau2 tubuhnya bs memproduksi ASI juga. Ajaib yaa memang. Walau ga hamil pun msh bs produksi ASI asal hrs rajin distimulasi.

Bude cuci cerita, dl anaknya waktu umur 2 tahunan sempet sakit. Dan krn Bude hrs kerja jd udh lama si anak ga nenen ASI dr ibunya. Krn sakit, si anak di titipin ke neneknya. Si nenek saking sayangnya sama cucu jd ngebiarin si cucu nenen tiap hari sm dia. Pdhl yaa nenek itu udh menopouse lama, usia nya aja udh 70 tahunan. Tp krn berbulan2 nenenin cucunya, lama2 ASI nya keluar lo! Ajaib kan ASI??? Takjub bgt denger ceritanya lgsg dr Bude yg ngalamin sendiri anaknya dpt ASI dr neneknya yg udh umur 70 tahun.

Sungguh ya payudara diciptakan Allah semata-mata bukan hanya sebagai hiasan untuk wanita. Fungsinya yg utama adalah untuk memberikan ASI bagi bayi. Mata air kehidupan yg mengalir dr tubuh ibu kepada bayinya. Hak setiap bayi mendapatkan ASI dr ibunya. Janganlah kita rampas hak anak untuk mendapatkan ASI, karena semahal apapun susu formula tidak akan pernah lebih baik dr ASI. Alhamdulillah Ibu bs memberikan ASI untuk Asha. Itu hak Asha. Akan Ibu tuntaskan kewajiban Ibu memberi Asha ASI sampe minimal dua tahun. Semoga Asha selalu tumbuh sehat, menjadi anak solehah dn pintar.

Ibu sayang Asha :*

XOXO

{ASI TALK} ASI Rasa Pedas?

Waktu Asha baru lahir, aku diwanti-wantiii bgt sm ibuku untuk ga makan pedes. Krn menurut beliau, klo aku makan pedes nanti ASInya ikut pedes dn Asha bs sakit perut dn mencret. Saya sih agak ga percaya dn tetep curi2 makan pedes kalo ga keliatan ibu ;p. Apalagi kata AIMI (asosiasi ibu menyusui indonesia), gapapa ibu menyusui makan pedes, ga akan bikin ASI ikut pedes jg. Jd aku lebih percaya AIMI aja deh.

Kebetulan saya jg ga maniak2 amat sm pedes dn sambel, jd ga masalah jg sih kalo ga bs makan pedes sering2. Selama ini jg ga terlalu ngamatin pupnya Asha setelah saya makan yg pedes2. Sampe barusan, pagi ini saya makan gurilem pedes. Mumpung lg di Bandung, jd kangen bgt pengen makan kerupuk gurilem pedes. Pagi2 blm makan nasi, cm sarapan sereal dn susu, saya lgsg makan gurilem pedes. Sayanya sih gpp, tp ternyata Ashanya jd kenapa-napa. Pas lg tidur siang sambil nenen, kedengeran suara perut Asha krucuk2 dn Asha pup sambil tidur. Dari baunya kayanya pup Asha cair, alias mencret. Nah lo! Apa gara2 saya makan gurilem pedes?? Emang sih klo dirasa2, perut saya rasanya panas. Apalagi sampe siang ni blm makan nasi jg. Hadeuuhh..

Klo iya Asha mencret dn perutnya krucuk2 krn saya makan gurilem pedes, berarti ada hubungannya dong antara busui makan pedes dn bayi mencret. Huhu.. Maafin ibu yaa, nak. Ibu egois sendiri. Harusnya ibu makan nasi dl sebelum makan pedes, biar Asha ga minum pedes dr ASI. Harusnya kalo busui mau makan pedes, perutnya hrs diisi makanan dl, jgn dlm keadaan perut kosong. Perasaan dulu2 makan cengek pun ga ngaruh apa2 ke Asha. Krn dl kalo makan  pedes, biasanya sambil makan nasi. Hari ini krn kalap pengen ngemil kerupuk gurilem tanpa sarapan dulu, jd aja Asha ikutan panas perut dn mencret. Huhu.. Maafin ibu ya, nak :'(

Ibu sayang Asha :*

XOXO

{HEALTH} Masuk Angin

Minggu lalu Asha yg masuk angin, skrg giliran saya yg masuk angin. Huhu... T~T Ko bergilir gini sih anginnya masuk ke tubuh Asha dn saya? Mudah2an Mas Pram ga ikut kena giliran jg.

Jadi kmrn siang itu tiba2 perut saya melilit, sakiiittt bgt. Sakit perutnya ngingetin masa masa2 mau lahiran, krn rasanya mirip kaya pembukaan 4 atau 5. Suer deeh saya blm pernah ngerasain mules kaya mau lahiran selain gara gara masuk angin kmrn itu. Mana perut melilitnya jg pake frekuensi tiap sekian menit sekali.

Oya jd buat yg bertanya-tanya kaya apa sakit perut waktu kontraksi mau lahiran, percayalah rasanya ga jauh beda sm sakit perut melilit waktu masuk angin, tapi dgn intensitas yg bs 10 kali lebih dahsyat kalo udh masuk pembukaan 9 ke 10. Klo yg ga belajar relaksasi dn hypnobirth kaya saya dl *krn ga sempet melulu* pasti ga tahan buat teriak terutama di bukaan 9 ke 10. Klo yg belajar dn rajin latihan pasti waktu lg mules jg tetep tenang dn tersenyum. Cita-cita bgt tuh kalo lahiran adiknya Asha pengen gentle birth, ga pake teriak-teriak dn ngeden. Eh loh ko malah jd cerita lahiran yaa...? Salah fokus. Back to cerita masuk angin saya lagi.

Beuhh pokoknya gara-gara perut melilit, saya sampe ga bs ngapa ngapain. Pdhl menu buka puasa Mas Pram blm disiapin. Saking ga tahannya, akhirnya saya minum Diapet. Ini salah satu obat andalan Mas Pram yg selalu stand by dibawa di dalam tas kerjanya bersama obat obatan lain. Dulu saya agak under estimate khasiat dr diapet, soalnya kn dia itu jamu yg komposisinya dr tumbuh-tumbuhan. Klo dibandingkan dg Loperamida HCl yg memang zat aktif alias obat untuk indikasi diare, saya yg background nya farmasi lebih percaya sm khasiat Loperamid. Eh tapiiiiiii ternyataaaaa Diapet okeh bgt, manjur bgt looooh!!! Dan poin plusnya, dia obat alami bukan sintetis. Lagi melilit-melilitnya perut dn udh entah brp kali bolak balik kamar mandi, begitu makan 2 kapsul Diapet, ga berapa lama rasa melilitnya hilang sama sekali. Saya lgsg bs aktivitas lg. Alhmdlh lgsg cepet gt khasiatnya ke badan saya. Dan saya pikir itu cm tahan brp jam doang, tapi ternyata sampe besok paginya perut saya sdh aman damai sentosa. Yeaaayy!! :D Hrs nyetok selalu Diapet di rumah untuk keadaan darurat perut mulas disertai diare. Ini bukan iklan loohh tapi testimoni.

Oya selama saya sakit perut, Mas Pram baiiikk bgt deh sm saya. Ngusap-ngusap punggung dn perut saya pake minyak telon biar hangat. Hbs diusap rasanya sakit perut saya pelan-pelan reda krn rasanya hangat dn sentuhan tangan suami itu rasanya memang membuat nyaman. Aahh senangnyaaaaa... :3

Dipikir pikir saya masuk angin kayanya gara gara cuaca ga jelas di Depok yg lg banyak angin dn sering hujan. Plus klo malem-malem karena nenenin Asha jd perut saya sering kebuka. Buat ibu-ibu yg nenenin anaknya tiap malem jgn lupa tutupin perutnya pake selimut yaa, biar ga masuk angin kaya saya. Percaya deh klo ibu sampe sakit, walau cm masuk angin, akan bikin repot anak suami. Memang yaa jd ibu itu harus selalu sehat biar anak dn suami ga terbengkalai.

Semuanyaaa jaga kesehatan baik baik yaa di bulan puasa musim pancaroba beginiii. Stay healthy :)

XOXO

{RESEP} Tongseng Sapi

Kemarin tumben bgt Mas Pram request menu buka puasa. Mas Pram minta dibikinin tongseng begitu tau saya belanja daging sapi. Waahhh tongseng???? Gmn masaknya yah? Saya kan jaraang bgt ngolah daging sapi. Untung ada google jd bs dapet resep tongseng. Menyelamatkanku sekalii dn menyelamatkan perut lapar Mas Pram. Hehe.. :D

Pas bac resepnya ternyata ga ribet bikinnya. Bumbunya jg kebanyakan udh ada di rumah, jd lgsg cusss masak tongseng buat suamiku tercinta. Begini dia resepnya setelah agak dimodif dikiit sm saya.

{RESEP} Tongseng Sapi

BAHAN

- 500 gr daging sapi, potong-potong, rebus dahulu hingga empuk. Air sisa rebusan tidak dibuang krn akan dipakai untuk masak tongseng *krn harga daging sapi lg mahal, jadinya saya cm pake 250 gr daging sapi*

- 150 gr kol, diiris tipis *saya kelupaan ga beli kol, jd kmrn itu bikin tongsengnya tanpa kol. serasa ada yg kurang deh makan tongseng ga pake irisan kol. etapi rasanya ttp enak ko*

- 1 sendok makan air asam *honestly i don't know what air asam is. ga tau gmn bikinnya atau dimana belinya. jd saya pake satu ruas asem yg saya dpt dr paketan sayur asem, cm biar rasa tongsengnya ada asem-asemnya. mgkn klo diskip pun ga terlalu masalah*

- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, dimemarkan
- 6 butir bawang merah, diiris tipis
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh saus tiram, bs diskip sih
- Gula dn garam secukupnya

BUMBU HALUS

- 3 butir bawang putih
- merica sedikit

- 1 sendok makan ketumbar sangrai *tp waktu saya bikin, ga saya sangrai dl sih ketumbarnya. ribet bo :p*

- 2 cm jahe *kalo saya bikinnya si jahe cuma digeprek doang, ga jd halus*

- 2 cm lengkuas *begitupun dg lengkuas digeprek doang*

CARA

- Tumis bawang merah dg 3 sendok makan minyak goreng hingga bawang berubah warna.

- Masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, aduk hingga bumbu harum.

- Masukkan daging yg sudah direbus, lalu tambahkan air rebusan daging. Masak hingga mendidih. *bila air dr rebusan daging dirasa kurang, bs ditambah air lagi*

- Tambahkan kecap manis, saos tiram, asem. Masak dlm api kecil.

- Saat air mulai susut, tambahkan gula garam secukupnya dn irisan kol. Aduk2 sampe masak.

Gampang kan bikinnya? Yg penting dagingnya hrs empuk yaa biar enak disantap. Asha aja yaa makan tongseng ini lahap bgt. Ga pake acara lepeh2 makanan. Rasa kuahnya nendang walau ga pake micin. Lalu krn dimasak pake api kecil, jd bumbu2nya ngeresep ke daging dn bikin rasa dagingnya makin enak. Pokoknya Asha makan banyak bgt, Mas Pram juga, saya juga. Hehe.. Bisa jd salah satu resep andalan deh ini. Makasih yaa Mas Pram udh nyuruh bikin tongseng. Klo ga disuruh, saya ga akan pernah kepikiran masak beginian. Kepikirannya masak daging sapi pake bumbu instan. No no no. Asha ga bs ikut makan dong klo pake bumbu instan.

Selamat mencoba ya :)

XOXO

{ASI TALK} Ibu Puasa Ko Asha Mencret?

Alhamdulillah puasa tahun ini saya dn Asha bisa kumpul sm Mas Pram sebagai satu keluarga utuh yg tinggal satu atap. Dua tahun kebelakang kami selalu menjalani bulan Ramadhan secara terpisah, krn saat itu saya dn Asha msh tinggal di Bandung krn kerja saya di Bandung, sedangkan Mas Pram sendirian ngekos di Jakarta. Hiks..  kesian bgt suamiku Maafin yaa, Mas.. :(

Ramadhan dua tahun lalu saya sedang hamil trimester kedua. Waktu itu saya sempet puasa duapuluh hari, sambil kepayahan krn hrs ngantor sampe sore dn selaluuu buka puasa di jalan. Sedih bgt deh kalo diinget-inget. Ramadhan tahun lalu saya sm sekali ga puasa, krn saya mau produksi ASI saya tetep lancar. Waktu itu saya kan msh bekerja, jd sewaktu di kantor saya hrs selalu mompa ASI biar stok ASIP untuk Asha selalu ada selama saya tinggal kerja. Saya takut klo saya puasa produksi ASI saya menurun. Kan kesian Asha klo ASIPnya berkurang atau komposisi gizinya berubah krn ibunya puasa.

Nah Ramadhan tahun ini diawali dgn saya yg dapet menstruasi pertama pasca melahirkan Asha. Saya baru ikut puasa di hari kelima. Baru sehari saya puasa, besokannya Asha masuk angin dn pup nya cair. Hiks.. :'( Entah kebetulan Asha masuk angin atau gara gara saya puasa Asha jd masuk angin dan pupnya jd cair. Pokoknya waktu hari kedua saya puasa, saya amati Asha nenen kayanya kesusahan bgt mau nenen ASI saya. Kaya ga ada yg diminum dn dia jg kaya ga bs nelen apa- apa, jd walaupun Asha nenen tp cm ngempeng doang. Hiks... Sediihh bgt :'(

Hari ketiga saya puasa, pagipaginya pup Asha msh cair. Saat itu saya putuskan untuk ga puasa dl hari itu. Sampe Asha fit saya berencana untuk ga puasa. Ya walaupun sedih ga bs ikut puasa lg dn ngerasa berdosa, tp demi Asha ya mau gmn lg? Masa saya mau biarin Asha terus-terusan nenen ASI kosong? Walau Asha udh 18 bulan, udh makan, dn udh bs minum susu UHT, tp bagi Asha ASI itu tetap tak tergantikan. ASI tetap salah satu menu utama buat Asha. Alhmdlh hari itu saya amati Asha bs nenen sampe puas. Kedengeran bgt dia nelen ASI sampe gluk gluk. Payudara saya jg ga kerasa kempes kaya waktu saya puasa, rasanya payudara saya jg penuh terisi ASI. Bahagiaaaa bgt rasanya bisa liat Asha nenen sampe kenyang.

Sampe saat itu saya blm tau kaitan antara saya puasa dn Asha yg masuk angin sampe pup nya cair. Trs sorenya saya ngobrol sm ibu tetangga, ceritain ttg Asha yg mencret dn masuk angin waktu saya puasa. Ternyata ada ibu tetangga yg lain ngalamin hal yg sama kaya saya. Waktu ibunya puasa, bayinya yg blm satu tahun lgsg masuk angin dn pup nya jd cair, jd ibunya berhenti puasa demi anaknya. Ooohh ternyata ada yg samaan kaya saya dn Asha. Waktu malemnya Asha pup, saya amati pup nya mulai padet, ga secair waktu saya puasa. Trs perut Asha jg udh berkurang bunyi krucuk-krucuknya.

Hari ini saya ga puasa lagi dan saya perhatiin Asha puas bgt nenen ASInya, trs sampe sore blm pup. Mudah mudahan masuk anginnya udh sembuh. Kesian Asha gara gara sempet mencret jd lgsg keliatan kurus pdhl badannya udh kecil. Huhu.... T-T

Hal ini mgkn ga berlaku yaa buat sebagian ibu menyusui dn bayinya. Jadi buat ibu menyusui yg ga ada masalah sm bayinya, memang sebaiknya ikut puasa. Saya jg pengennya puasa tp ya gmn lg, keadaan Asha ga memungkinkan. Insya Allah klo masih ada umur saya harus ganti puasa saya bbrp tahun ini. Karena pernah baca, katanya puasa Ramadhan yg ditinggalkan ibu hamil dn menyusui lebih utama diganti dg puasa di lain hari. Krn kondisi hamil dn menyusui hanya sementara dn tidak seperti manula atau org dg penyakit keras yg tidak diwajibkan puasa, tp hrs bayar fidyah sbg penggantinya. Tp trs terang saya blm tau pastinya gmn. Jd biar aman ttp bayar fidyah dn ganti puasanya di lain hari.

Buat ibu hamil dn menyusui yg menjalani puasa, semangat yaaa...!! :D Banyak minum, makan bergizi, dn suplemen, waktu sahur dn berbuka. Selamat berpuasaaaa :D

XOXO

-----------update-------------

Menjelang maghrib akhirnya Asha pup. Alhmdlh udh mulai padet pup nya. Apakah kebetulan hr ini Asha sembuh masuk anginnya atau akibat saya ga puasa hr ini? Ga jelas jg. Yg pasti cuaca di Depok memang lg ga enak bgt, banyak angin dn bikin anak anak disekitar rmh jg pada sakit. Buat antisipasi Asha biar ga masuk angin lg, saya ngalah untuk ga puasa dl demi bisa ngasih ASI buat Asha.

Btw saya jg barusan googling bahwa bbrp ibu jg ada yg ngalamin kasus yg sama kaya saya dn Asha : ibunya puasa anaknya mencret. Pdhl banyak artikel jg yg bilang klo puasa ga akan mempengaruhi kualitas dn kuantitas ASI, krn selama puasa tubuh ibu akan mengambil cadangan gizi yg dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Hmm lgsg ngaca dn liat badan saya, udh habis kayanya hasil dr ngasuh Asha sendirian. Badan segini apa msh ada cadangan gizi yg mencukupi utk produksi ASI? Yaudhlah yaa liat sisi baiknya aja, saya ga puasa dua hari, Asha lgsg keliatan tembem dn tambah berat. Pdhl dua hari sblmnya Asha keliatan kuyus akibat mencret. Demi Asha sehat Ibu bolos puasa lagi tahun ini. Sehat terus yaa, nak. Ibu sayang Asha :*

XOXO

{RESEP} Puding Roti Cokelat Keju

Mau share resep puding hasil contekan dr grup facebook DAPUR SEHAT IBU ahhh. Rasanya enaakk loh, mengenyangkan dn bergjziii :) Awalnya bikin ini buat cemilan Asha. Awalnya Asha sempet doyan makan ini. Tapi lama2 bosen jg dianya. Yaudh ibunya aja yg ngembat, habis enak siihh rasanya :9

--------update--------

Krn bahan buat bikin puding masih ada, jd selama tiga hr saya trs bikin puding. Ternyata Asha lahap makannya. Waktu itu mgkn dia lg males, jd lepeh2 puding. Pdhl sebenernya Asha doyan. Sampe habis setengah mangkok sekali makan. Setengahnya lg buat ibunya doonng :p Lumayan bs jd salah satu cemilan untuk boost berat badan Asha krn puding ini ada telur, roti, susu, dn cokelatnya. Wah pokoknya jd salah satu cemilan andalan deh.

--------fin update--------

BAHAN

- telur 1 butir
- roti tawar 1 lembar
- susu UHT coklat 125 ml /  1 kotak uk sedang
- susu kental manis cokelat 2 sendok makan
- keju parut utk taburan atau satu keju lembaran
- meises untuk taburan

CARA

- Sobek sobek roti tawar
- Masukan telur, susu kental manis, dn susu UHT , lalu dikosok hingga semua bahan tercampur
- tuang ke dalam cetakan, saya pake mangkok melamin kecil yg bagian dlmnya dilapis alumunium foil
- tabur meises di bagian atas adonan puding hingga semua bagian tertutup meises
- tutup lagi dengan keju lembaran atau keju parut
- kukus selama 20 menit, atau hingga matang , klo saya ngukusnya barengan sm masak nasi di rice cooker jd praktis deh

Oya resep asli di grup DAPUR SEHAT IBU itu awalnya adalah puding strawberry. Bikinnya pake susu UHT strawberry, susu kental manis putih, dn potongan strawberry segar, jd warna pudingnya pink muda, cantik bgt ddeh. Nah berhubung di rumah adanya susu serba cokelat, yaudah deh saya modif jd puding cokelat. Prinsipnya tetep sama sih, yaitu puding kukus. Jadi mau dimodif dg berbagai rasa lain dn topping lain pun kayanya bisa2 aja. Ayoo dicoba deh, dijamin gampang, cepet, praktis krn ngukusnya barengan sambil masak nasi. Hihi... :D

Selamat mencobaaa :D

XOXO

[ASHA UPDATE] Asha Diurut

Kmrn Asha diurut alias dipijet sm tukang pijet untuk pertama kalinya. Kmrn itu Asha pupnya cair, saya pikir pasti Asha masuk angin krn perutnya jg bunyi krucuk2. Krn saya msh blm pede jg ngasuh Asha yg sakit sendirian di rumah, makanya hari itu saya boyong Asha ke rumah Bulik. Kebetulan hari itu Bulik lg manggil tukang urut untuk ngurutin badannya yg pegel2. Yaudh akhirnya saya pikir sekalian aja Asha diurutin mumpung ada tukang urutnya. Apalagi Asha blm pernah diurut sebelumnya dn Asha lg masuk angin, mgkn aja hbs diurut badannya Asha lebih enakan dn masuk anginnya bs sembuh.

Asha ditelanjangin bulet bulet sampe popoknya jg dilepas, saya sempet khawatir klo Asha pipis atau pup trs beleber ke bantal dn alas tempat pijetannya. Tp kata nenek yg ngurutnya, ga papa ko kan udh umur segini ga akan sering pipisnya. Dn bener aja selama diurut sekitar 40 menit, Asha ga pipis atau pup. Tapiiiiiii sejak awal dilepasin bajunya Asha udh mulai nangis nangis dn nangisnya makin kejer waktu nenek mulai ngurut badan Asha. Walaaahh Asha nangisnya kaya disiksa aja pdhl neneknya ngurut pelan pelan. Kesiaaann bgt liat Asha nangis kejer kaya gitu, sampe badannya keringetan semua. Tp keringetan malah bgs sih biar anginnya cepet keluar dr tubuh Asha. Jd saya itu tega2in aja liat Asha nangis kenceng bgt dn histeris, pdhl dlm hati sediihh bgt liat anak ku nangis kaya gt. Akhirnya dengan posisi akrobat saya nenenin Asha yg sedang diurut tengkurep, nangisnya Asha lgsg berhenti begitu dinenenin. Tp saya nya hrs pasang posisi akrobat dl. Untung diurutnya di rumah jd lebih leluasa. Ternyata lama lama Asha menikmati jg diurut, walau lepas nenen tp Asha ga nangis lg dn malah keenakan diurut. Hehe..

Nenek yg ngurut Asha bilang klo urat urat Asha pada merengkel. Klo bayi hrsnya rutin dipijet biar sehat dn aliran darah lancar. Apalagi bayi yg baru bs belajar jalan, pasti kn pegel kakinya, jd hrs diurut rutin kira kira dua minggu sekali. Ooohh gituu saya baru tau. Nenek jg bilang klo ibu menyusui hrs rutin minun jamy godog untuk memperbanyak dn meningkatkan kualitas ASI biar anaknya jg sehat. Lah diriku kan mana pernah minum jamu. Jd sediiihh deh rasanya secara ga lgsg dituding bersalah krn ga pernah minum jamu demi kualitas ASI yg lebih bgs buat Asha. Hiks.. Katanya klo ga minum jamu ASI nya encer, anaknya ga kenyang nyusunya. Huhu.. Sempet patah hati deh waktu itu, apalagi klo liat badan Asha yg kecil dn susaaaahhhh bgt gendutnya. Usia 18 bulan dn berat Asha cm 9 kilo. Pdhl saya udh berusahaaa bgt nyuapin Asha trs dn masak berbagai variasi masakan buat Asha, tp tetep aja Asha sering lepeh makanan. Dan walau Asha makannya agak banyak tp tetep aja badannya segitu doang. Mgkn bulan dpn hrs bawa Asha ke dokter buat konsultasi berat badannya

Kata nenek klo habis diurut pasti anak akan keliatan bedanya, lebih bgs makannya, lebih pules tidurnya dn lebih enak badannya. Bener aja, hbs diurut Asha lgsg main dg lincah, lari-lari, teriak-teriak, kaya yg enak dn ringan bgt badannya. Tp soal makan ya tetep aja ga lebih lahap dr biasanya walau Asha makannya sempet nambah tp yaaa gitu kadang dilepeh jg. Kelincahan Asha berlanjut sampe malem menjelang bobo, sampe Mas Pram keheranan liat Asha ko lincah dn ceriaa bgt, lebih drpd biasanya. Makanya Insya Allah hbs ini mau rutin ngurut Asha tiap seminggu atau dua minggu sekali. Apalagi waktu ditanya, Asha diurut enak ga? Asha jawab, enaakkk :)

Mgkn nanti ibu nya Asha jg mau sekalian diurut juga biar badannya seger kaya Asha. Bapaknya jg jd kepengen diurut begitu ngeliat hasilnya ke badan Asha yg kayanya enak dn seger bgt. Etapiiii buat Mas Pram mau saya cariin tukang urut yg laki laki aja deh, ga rela deh biarin Mas Pram diurut sama perempuan walaupun nenek-nenek :p Lalu buat jamu godognya, mgkn akan saya coba beli deh. Ga ada salahnya  oba sesuatu demi kebaikan saya dn Asha.

Oya sedikit cerita tentang puasa. Jd saya baru ikut puasa di hari kelima krn sblmnya saya dpt menstruasi. Nah setelah selesai puasa di hari pertama itu lah, besokannya Asha masuk angin dn mencret. Hari kedua saya puasa, hari dmn Asha diurut, saya perhatiin pas Asha nenen sore2 kayanya dia ga nyedot apapun jd cuma ngempeng doang. Yaampuunn sedih bgt liatnya, Asha pengen nenen tp kayanya ga ada yg bs dia minum. Walau Asha udh 18 bulan, udh sering makan dn udh bs minum susu UHT, tp ASI tetep yg utama buat Asha. Hari ini, hari ketiga saya puasa, Asha pup nya masih cair. Dan walau baru jm 9 tp Asha kaya susah minum ASI nya. Akhirnya dg Bismillah dn mohon maaf sm Allah saya buka puasa demi bisa makan dn minum biar ASI saya ada isinya buat Asha. Krn Asha msh belum fit, masih masuk angin, jd kalo dia msh ga enak makan at least ASI saya bs berguna buat Asha. Mas Pram bilang gpp kan ibu menyusui ga puasa. Iya sih, tp saya merasa berdosa ga puasa lg tahun ini, krn pertimbangan Asha udh 18 bl dn udh bs makan banyak dn minum susu UHT. Tapi ternyata baru sehari puasa, eh kebetulan Asha nya masuk angin dn mencret. Yaudh deh kayanya saya ga puasa dl sampe Asha fit lagi. Semoga Allah meridhoi. Huhu.. Amin.

XOXO

[ASHA UPDATE] Asha 17 Bulan

Asha sudah 18 bulaaaannnn!! Sudah sah untuk disebut anak umur 1,5 tahun. She's no longer a baby. Huaaa..huaaa..ibu sedih sekaligus bahagia nak. Sedih krn kamu cepat besar dn masa2 bayi kamu yg sangat lucu dn menggemaskan ga akan terulang lg. Bahagia karena kamu sudah makin besar, pinter, alhmdlh selalu sehat dn selalu mengejutkan bapak dn ibu dgn tingkah2 lucu kamu. Terimakasih yaa Asha sudah hadir di hari2 bapak dn ibu, memberikan kebahagiaan dlm hidup kami. Mmmuuaaahh!!!

6 bulan lagi Asha harusnya sdh ga nenen ibu lg. Tp ko kalo diliat2 sampe skrg kayanya bakalan susah yaaa lepasin Asha dr nenen. Soalnya Asha addicted bgt sm nenen. Lagipula ibu masih ga rela klo berhenti nenenin Asha. Hbs saat2 nenenin Asha adalah saat membahagiakan buat ibu. Bs saling peluk2an, tatap2an, belai2, sayang2, bercanda2 sama Asha. Our precious momment yaa nak. Bapak aja sampe iri loh dn suka bilang, kalo bisa bapak jg pengen nenenin Asha. Hbs enak sih bisa dipeluk Asha. Hehe..

Tiap hr Asha tumbuh semakin pintar. Ini dia cerita Asha diumur 17 bulan kemaren :

MAKANAN KESUKAAN

- Jagung, masuk dlm daftar makanan kesukaan Asha yg baru. Awalnya waktu main ke rumah eyang disuguhin jagung rebus dn ternyata Asha sukaaaa sekali. Ibu kira Asha blm bs makan jagung krn ada kulit arinya yg susah ditelan. Eh taunya Asha udh bs looh makan jagung. Walau seringkali keluar lagi utuh lewat pup nya. Hihi..

- Belimbing, jadi buah kesukaan Asha jg skrg. Pertama kali coba dn lgsg sukaa. Krn juicy dn manis. Yuuumm :9

- Anggur, yeaay alhmdlh Asha skrg suka makan anggur. Dulu Asha ogah2an makan anggurnya, sering dilepeh. Makanya jarang Ibu beliin. Pas kmrn Ibu beli lrn ada harga spesial, ternyata Asha sukaaa. Sampe bilang mau mau melulu :)

- Belut, Asha sukaaa bgt makan belut sampe nambah2 lagi. Habisnya selama ini jarang nemu belut sih, jd ibu baru skrg beliin buat Asha. Alhmdlh Asha sukaaa :)

- Kentang goreng, Asha tau aja klo kentang goreng kesukaan sejuta umat. Awalnya makan kentang goreng di tempat Mba Nia. Makan rame2 sama Mba Nia, Mba Nadia, dn Mba Putri, Asha jd makin semangat makan kentang gorengnyaa. Sampe penasaran jg ngeliatin saos sambel dn saos tomat, pengen ikutan nyobain. Tp kan ga boleh dl yaa shaaa :)

- Sayur asem, yup! Asha lahaaapp bgt klo makan sayur asem. Paling favorit sm kacang panjang dn jagung nya. Tiap kali main ke Bulik dn kebetulan lg masak sayur asem, Asha lahap bgt makannya walaupun cm nasi sm kuahnya doang :p Makanya Ibu jd terpacu untuk coba bikin sayur asem buat Asha. Alhmdlh Asha jg suka sayur asem buatan Ibu :) Aahh Asha memang anak penyuka sayur :)

TINGKAH ASHA

- pose nenen favorit yaitu naik ke dada ibu sambil tengkurep nenen sampe ketiduran. Kaya pose IMD. Apa krn waktu lahir dl ga kesampaian IMD makanya skrg dipuas2in yaa, Sha? :) Klo ga pake pose ini, Asha ga tidur2. Asha selalu bilang, naik, kalo mau minta posisi ini. Hehe..

- hobi mindah2in barang, iseenng bgt deh Asha. Klo ada barang di tempat aneh, atau barang menghilang dr tempatnya, itu pasti ulah Asha. Hehe..

- baca buku, Asha lg hobi baca buku trs bilang, A, Be, Ce, Ce, Ce. Asha baru bisa mengeja sampe huruf C doang. Haha.. Lumayaann. Selain baca buku, Asha jg suka belajar pake kartu bergambar dn karpet ABC nya. Asha udh bs nyebutin bbrp gambar dn juga udh bs nunjukin gambar yg disebutin Bapak atau Ibu. Asha, Bapak, dn Ibu sering main tebak2an gambar di karpet ABC. Seneeng deh liat Asha makin pinter :)
Oya trs kmrn Asha dikasi buku untuk bayi 1+ year dr Bapaknya Mba Nia. Buku cilukbaa versi Strawberry shortcake baby. Lucu deh bukunya, ada flip nya yg bs dibuka. Ceritanya bayi diajak belajar mengenal hewan sambil main cilukbaa. Asha sukaaa bgt sama buku barunya dan skrg selalu ada di tempat tidur krn bukunya suka dibaca Asha sebelum tidur.

- Asha udh bs berdoa sebelum tidur, tapi cm baru bisa bilang amin doang sambil ngusapin kedua tangan ke muka :p Sebelum tidur Asha diajarin berdoa dulu, jd klo Ibu lupa berdoa dn Asha blm tidur2 jg walau udah lama gogoleran, Asha trs keingetan buat berdoa dl. Asha angkat kedua tangannya trs baca doa ngasal wasweswossweswoss sambil bisik2, klo udh selesai doa nya trs bilang amin. Hehe.. Eh Asha ga bilang amin ding, tapi nyamiiinnnn :p

- Asha klo mau bobo skrg harus selalu nonton video di hp Ibu. Terutama video waktu lagi main sm Mba Nia. Asha pasti nangis2 sambil bilang, niaa, niaaaa.. Klo ga Ibu kasi, Asha nangisnya makin menjadi. Huhu.. jangan sering yaa nak nonton video sblm tidurnya.

Ada jg kejadian tidak menyenangkan kmrn ini. Hiks..

- Asha suatu hari manjat2 guling di kasur sambil nempel ke tembok. Awalnya Ibu pegangin Asha, tp krn Ibu mau sms Bapak jd Ibu lepas Asha sebentar. Eh tau tau Asha kejedug tembok dn lgsg nangis. Ibu heran krn biasanya kalo Asha kejedug, Asha jarang nangis. Ko kali ini Asha nangis kaya yg kesakitan, pasti bkn gara2 kejedugnya. Krn Ibu khawatir, Ibu lihat keadaan Asha. Ternyata mulut Asha kepentok tembok, makanya Asha nangis kesakitan. Waktu Ibu periksa mulut Asha tau tau ada darah! Astaga, Ibu udh khawatir klo gigi Asha kenapa-napa. Ternyata bibir Asha berdarah krn ga sengaja kegigit waktu td nabrak tembok. Ibu lgsg ajak Asha minum air putih, dn ajaibnya Asha lgsg diem, berhenti nangisnya kaya ga ada apa-apa. Darahnya jg lgsg berhenti. Alhmdlh Asha baik2 aja. Tp trs Ibu ngerasa dosaaaa bgt sama Asha. Gara2 Ibu ngelepas Asha, Asha jd kejedot tembok sampe bibirnya berdarah. Maafin yaa nak :'(

- Lalu waktu itu Bapak dn Ibu ngajak Asha belanja menjelang persiapan puasa. Belanja di Giant yg ga seberapa jauh dr rumah. Krn naik motor, makanya Bapak Ibu sengaja cari yg paling deket dr rumah biar Asha ga kelamaan kena angin di motor. Besokannya Bapak Ibu ngajak Asha lagi keluar ke toko mainan, krn Asha udh lama ga dibeliin mainan baru. Toko mainan ini jg ga jauh dr rumah. Bapak Ibu pikir Asha udh cukup besar dn udh kuat diajak naik motor untuk jarak yg deket-deket. Ternyata nak, setelah sabtu minggu kmu diajak naik motor, hari senin nya dahi Asha anget. Pas Ibu cek suhu, sampe 38° C. Huhuhu.. Waktu itu sekitar jm 2 pagi. Bapak Ibu lgsg ga bs tidur. Ibu bikinin Asha ramuan bawang + minyak telon, Bapak yg balurin ke tubuh Asha, Asha nya bobo dgn lelap. Waktu pagi-pagi Asha bangun, suhunya udh turun jd 37° C. Pagi itu Bapak nyuruh Ibu untuk masakin bubur buat sarapan Asha. Ibu sempet ragu apa Asha masih mau makan bubur. Eh ternyata kamu lahap makan buburnya, nak. Alhmdlh.. Hari itu Asha tidur siang lama bgt. Dan alhmdlh, hbs itu suhu tubuh Asha udh kembali normal. Ternyata Asha msh blm bs diajak naik motor walau jaraknya dekat sekalipun, walau udh dipakein kaos kaki, jaket, topi sekalipun. Krn besokannya Asha lgsg masuk angin dn badannya anget. Maafin Bapak Ibu ya, nak :'(

YANG PALING MEMBAHAGIAKAN

Asha tumbuh 4 gigi baruuuuuu!!!! Yeaaayyyy!!!! Akhirnya datang lagi deh rombongan gigi baru Asha. Selamat datang gigi mungiiilll :) Dua gigi seri samping kanan kiri bagian bawah. Dan dua gigi geraham depan kanan kiri bagian atas. Asiiikkkk. Asha makin cantik deeh. Paass bgt bulan ini jg tooth gel Asha habis. Jadi mau Ibu beliin yg baru biar gigi2 Asha sehat dn kuat terus.

Oya, di bulan ini jg Ibu pertama kalinya dpt haid sejak ngelahirin Asha. Kaget Ibu. Sekaligus senang. Ternyata Ibu ga kebobolan. Waduh kebayang yaa klo Ibu kebobolan dn hamil adiknya Asha, kan kesian Asha masih pengen disayang dn diperhatiin total sm Bapak Ibu. Menjelang Asha 18 bulan dn menjelang bulan puasa, Ibu malah dapet haid. Alhmdlh deh. Rejeki :)

Tp ada terbersit rasa sedih di hati Ibu. Ibu dpt haid artinya krn Asha udh mulai jarang nenen Ibu, ga kaya dl lagi. Memang sih kalo Ibu inget2, Asha skrg udh jarang nenen. Klo tidur jg udh ga mempan pake nenen lg, tp krn Asha kecapean main. Huhu.. Asha udh mau gede ya?? Udh mulai mandiri dn ga butuh nenen Ibu lagi ya?? Pdhl Ibu gpp kalo Asha mau nenen sampe 2 tahun lebih. Hiks..

Banyaak jg ya cerita Asha 17 bulan. Makasih yaa Asha sdh mewarnai hari2 Ibu dn Bapak. Walau ada yg sedih tp lebih banyak senangnya. Asha sehat selalu yaa. Bapak dn Ibu selalu mendoakan kesehatan dn keselamatan Asha. Selamat 18 bulan yaa, cantiiikkk :)

XOXO

[ASI TALK] Nenek ASI

Bbrp hari lalu main ke tempat Bulik. Dan waktu lg nenenin Asha tiba2 ada Bude yg bantu2 cuci setrika masuk ke dalam kamar buat masukin baju yg hbs disetrika. Dari dulu tiap Bude liat Asha nenen pasti komentarnya, "ko nenen melulu, udh besar juga, nenen nya jg udh ga ada isinya". Hari itu jg dia ngomong begitu. Pas awal2 diomongin begitu, beuuhh panass hati. Keseell rasanya. Tp skrg2 udh cuek ajalah, emg dia kaya gt kali. Haihh..kesian amat yaa sm orang2 yg ga tau manfaat ASI dn malah mengagung2kan susu formula. Seperti biasanya pula saya selalu jawab, "iya rencananya mau sampe 2 tahun dikasih ASI, ini jg masih keluar ko ASI nya".

Begitulah kira2 intronya. Hbs itu Bude lalu cerita, jangankan anak sendiri, yg bukan anaknya dn yg ga hamil aja bs keluar ASI nya kalo dinenenin trs. Ya, saya pernah denger juga, kalo ga salah di kelas AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), ada seorang ibu yg bertahun2 ga berhasil hamil lalu dia adopsi seorang bayi. Tiap hari dia biarkan si bayi itu nenen. Berbulan2 seperti itu, tau2 tubuhnya bs memproduksi ASI juga. Ajaib yaa memang. Walau ga hamil pun msh bs produksi ASI asal hrs rajin distimulasi.

Bude cuci cerita, dl anaknya waktu umur 2 tahunan sempet sakit. Dan krn Bude hrs kerja jd udh lama si anak ga nenen ASI dr ibunya. Krn sakit, si anak di titipin ke neneknya. Si nenek saking sayangnya sama cucu jd ngebiarin si cucu nenen tiap hari sm dia. Pdhl yaa nenek itu udh menopouse lama, usia nya aja udh 70 tahunan. Tp krn berbulan2 nenenin cucunya, lama2 ASI nya keluar lo! Ajaib kan ASI??? Takjub bgt denger ceritanya lgsg dr Bude yg ngalamin sendiri anaknya dpt ASI dr neneknya yg udh umur 70 tahun.

Sungguh ya payudara diciptakan Allah semata-mata bukan hanya sebagai hiasan untuk wanita. Fungsinya yg utama adalah untuk memberikan ASI bagi bayi. Mata air kehidupan yg mengalir dr tubuh ibu kepada bayinya. Hak setiap bayi mendapatkan ASI dr ibunya. Janganlah kita rampas hak anak untuk mendapatkan ASI, karena semahal apapun susu formula tidak akan pernah lebih baik dr ASI. Alhamdulillah Ibu bs memberikan ASI untuk Asha. Itu hak Asha. Akan Ibu tuntaskan kewajiban Ibu memberi Asha ASI sampe minimal dua tahun. Semoga Asha selalu tumbuh sehat, menjadi anak solehah dn pintar.

Ibu sayang Asha :*

XOXO

 

My Lavender Love Story Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal