Thursday, March 14, 2013

[HEALTH] Asha Cacar Air


Huaaaa... Asha baru 14+m tapi udh kena cacar air. Kaget bgt :(
Karena aku ga kepikiran bayi seumur Asha bs kena cacar air. Dulu aku kena cacar air waktu kelas 5 SD. Suami dn sepupu2 kena cacar air jg waktu SD. Nah ini Asha baru 1 tahun 2 bulan udh kena cacar air. Huaaaa... Bener2 ga nyangka. Apalagi di sekitaran rumah ga ada orang yg sedang cacar air. Makanya saya heran, Asha dapet virus cacar air dr mana?? Hiks..

Awalnya, hari Selasa malem Asha makan telor ceplok. Saya kasi bagian kuningnya aja, krn masih khawatir Asha alergi sama putih telur.

DAY 1

Rabu pagi, ada satu bentol merah di dadanya. Dibagian tengah bentol merah itu, kulitnya menggelembung kecil dn berisi air. Awalnya saya pikir itu reaksi alergi karena semalem Asha makan telur. Sepanjang hari itu Asha ceria, aktif, banyak main, banyak makan, banyak tidur, bener2 sehat. Malamnya, waktu suami pulang, saya kasi tau Mas Pram tentang bentol berair di kulit Asha. Eh ternyata gelembung airnya makin membesar. Padahal sepanjang siang, cuma titik kecil berair aja. Saya masih mengira itu reaksi alergi.

DAY 2

Esoknya, Kamis pagi, waktu Asha bangun saya cek lagi dadanya. Ternyata gelembung berairnya sudah pecah. Mgkn krn kegesek baju waktu tidur. Eh tapiiii ko ada dua bintil berair baru muncul di dadanya. Persis sama bintil sebelumnya. Bentuknya bentol merah, bagian tengahnya menggelembung dan berair. Waduh! Mas Pram nyeletuk, "Mgkn kena cacar". Beuuh, saya lgsg kesel dengernya. Krn saya pikir, masa iya bayi seumur Asha udh kena cacar air. Akhirnya krn saya ga pede ngasuh Asha sendirian hari itu, saya dn Asha ngungsi ke rumah tante. Rencana saya, kalo bintil nya ga bertambah, maka sore itu juga saya dn Asha akan pulang lagi ke rumah. Tapi kalo bintilnya bertambah, berarti harus ke dokter.

Pagi2 saya mandiin Asha, karena kalaupun benar bintil di dada Asha adalah cacar air, Asha harus tetep mandi. Begonya saya, saya pakein sabun ke badan Asha, bikin Asha nangis. Tante bilang, ga usah pake sabun, mgkn perih kena bintilnya. Dulu Nia, anaknya tante, juga kena cacar air, dn selama itu mandinya ga pake sabun. Hooo..baru tau. Selesai mandiin, jreenngg ada dua bintil besar berair yg baru muncul. Kali ini di dada dn punggung. Saya tunjukin ke tante dn dia bilang, iya ini cacar air, dl Nia jg kaya gitu. Huhu.. Yasudah kalo memang begitu. Saya lgsg telpon Mas Pram, minta dia ijin pulang untuk anter Asha ke dokter hari itu juga. Alhmdlh Mas Pram boleh ijin jadi bisa anter Asha ke dokter.

Asha kena cacar air tanpa demam terlebih dulu. Pdhl dulu waktu saya kena cacar air, saya demam dulu, keluar bintilnya belakangan. Makanya saya bener2 ga nyangka Asha cacar air. Apalagi anaknya aktif dan ceria, bener2 sehat keliatannya. Sore itu, kami bawa Asha ke dokter anak di RS HGA Depok. Karena katanya anak yg cacar air ga boleh kena angin, sedangkan Mas Pram punyanya motor, pasti angin2an kan, kami ke RS naik taksi. Asha saya pakein jaket, pakein topi, pakein kaos kaki, bawa selimut juga. Di RS, kami menunggu cukup lama sampe dokternya dateng. Huhu.. Untung Asha pasien pertama. Dan begitu dokter liat bintil di dada Asha, dgn yakin dia bilang, "Iya bu ini cacar". Fyuuhh..baiklah. i have to accept the reality. Dokter bilang, "Cacar air pada anak kecil agak kurang risikonya drpd orang dewasa. Cacar air pada anak kecil lebih cepet sembuh, dn pada Asha malah ga ada demam. Jd harusnya ga perlu khawatir. Tinggal dijaga aja Ashanya biar cepet pulih, cukup istirahat, cukup makan bergizi, bintil2 yg udh pecah diolesi salep, bintil2 yg berair ditaburi bedak, dn minum obat antivirusnya".

Hmmm..tapi tetep ga kebayang ngerawat Asha sendirian doang di rumah. Gmn mau nyiapin makanan buat saya dan Asha? Gmn mau belanja di warung? Gmn ini? Gmn itu? Makanya saya tanya dokter, "Kalo Asha dibawa ke Bandung Sabtu ini apa boleh? Biar tinggal di rumah mbah nya selama masa penyembuhan Asha". Dokternya bilang, "Belajar yaa jadi orangtua, karena ga ada sekolahannya. Terus daya tahan tubuh dede hrs dijaga biar cepet sembuh. Kalo perjalanan jauh kan cape". Dziiggg...! Merasa tertohok. Huaaaa..

Akhirnya di jalan saya diskusi sama Mas Pram, lebih baik tetep di Depok sampe Asha sembuh, which is bisa sampe seminggu atau lebih buat bener2 sembuh total, atau pulang ke Bandung biar saya lebih tenang merawat Asha. Iya, ke Bandung itu sebenernya lebih ke saya nya yg pengen kesana. Saya yg ga yakin bisa ngasuh Asha sendiri. Saya yg cengeng dn ga tangguh. Hiks.. Pdhl Mas Pram maunya kami tetep di Depok sampe Asha sembuh.

DAY 3 - DAY 11 (*update)

Jumat, hari ketiga saya dn Asha msh nginep di rumah Bulik. Ada bbrp bentol baru yg mau muncul di dada, punggung, tangan, kaki. Tapi alhmdlh bentolnya ga break out, cuma numbuh 1-2 biji doang. Kalo keliatan ada bentol yg mau numbuh lgsg saya olesin salep, dn si bentol ga jadi numbuh dn kempes sendiri. Oya ini obat-obatan yg Asha dapet dr dokter :

- Fuladic salep : dioles pada bentol yg udh pecah / yg ga berair.

- Bedak tabur racikan : ditabur pada bentol yg masih berair biar ga gatel dn ga digaruk-garuk.

- Lactacid baby : buat campuran air mandinya.

- Zovirax puyer : antivirus buat diminumkan 4 kali sehari.

Selama cacar air, Asha selalu mandi dua kali sehari pake air mandi yg dicampur Lactacid Baby. Krn udh pake Lactacid Baby jd ga perlu lg pake sabun. Mandi memang penting buat yg lagi cacar air krn bertujuan membersihkan kulit dr bakteri2 yg menempel biar bentol2nya ga infeksi. Bertentangan dgn pendapat orang tua yg bilang kalo cacar air dilarang mandi biar cacar airnya ga makin nyebar ke bagian tubuh yg lain. Pdhl ini pendapat yg salah kaprah loh.

Cacar air Asha muncul di dada, punggung, kaki, tangan. Tapi kalo dihitung, jumlah bentol di dada dn punggungnya paling cuma 10-15 dn ga semuanya berair. Di tangan dan kaki bahkan cuma 1-2 bentol doang dn ga berair, dioles salep jg lgsg hilang. Alhmdlh cacar air Asha ga banyak. Pdhl waktu saya kena cacar, widiiiiihhhhh bentoooooollll dimana2, di badan, tangan, kaki, muka, sekujur badan deh bentol2, gatel pula. Liat Asha kayanya dia ga gatel, soalnya dia ga garuk-garuk.

Hari Sabtu, kami pulang ke rumah. Mas Pram dpt pinjeman mobil dari Tika, adiknya yg udh kerja dn ngekos di jakarta. Rencananya pinjem mobil krn mau pulang ke Bandung. Hari Sabtu itu kami seharian di rumah ngerawat Asha sambil pantau kondisinya apakah memungkinkan utk dibawa jalan ke Bandung. Dn alhmdlh Asha terlihat fit dn cacar airnya jg nampak ga parah. Akhirnya kami putuskan utk segera ke Bandung besok pagi. Biar saya tenang merawat Asha. Huhu.. Cengeng yaa saya, msh blm bs mandiri aja. Hiks..

Jadilah minggu pagi jam 7 kami berangkat ke Bandung. Walau kata dokter dn Bulik dn orang2, anak cacar sebaiknya ga diajak keluar biar ga keanginan, biar ga kecapean, dn biar ga makin parah cacarnya, tapi kami (saya) tetep nekat bawa Asha ke Bandung. Berbekal bantal menyusui biar Asha bisa tidur nyaman di mobil (karena kami ga punya car seat), selimut, dn boneka, Asha bs tidur nyenyak dn nyaman di perjalanan.

Alhmdlh sampe Bandung dgn selamat dn Asha baik2 aja. Dokter bilang cacar air sembuh dlm seminggu, tp sampe hari kesebelas masih ada satu bentol berair besar yg muncul di paha Asha. Tapi ini adalah bentol terakhir. Setelah bentolnya pecah dn kering, tamat sudah episode cacar air Asha. Bersyukur bgt Asha ga demam selama cacar. Pdhl saya dl cacar airnya diawali demam dl bbrp hari. Dan kalo liat bbrp bulan yg lalu, Asha termasuk gampang dapet demam. Tp alhmdlh cacar air ini malah ga demam sama sekali dn Asha selalu ceria. Dan krn cacarnya cm di dada dn punggung, di muka ga ada sama sekali, jd malah ga keliatan klo lg kena cacar. Hehe..

Eh tp sempet ding Asha agak anget sampe 37° C semalem doang. Waktu itu entah krn apa ko badannya agak anget, tp blm demam sih ya kalo suhu segitu mah, trs dia agak2 cranky. Dipikir2 apa krn besok mau ditinggal bapak ibu ke kondangan apa ya? Kn katanya ada tuh kejadian kalo bapak ibunya mau pergi tanpa ajak si anak, kadang si anak suka jd anget atau malah tiba2 sakit yg berakibat si bapak ibunya ga kadi pergi. Makanya malam itu saya bisikin ke Asha, minta ijin lagi buat pergi ke kondangan besok dn Asha tinggal di rumah sm Mbah. Alhmdlh paginya Asha baik2 aja loh. Ajaib memang yaa..

Oya krn semua bentol Asha pecah gara2 kegesek baju waktu tidur, jd lumayan ada bekasnya di kulit. Tapi lama-lama ko pudar sendiri ya nodanya. Memang bener ternyata kalo lebih baik dapet cacar air waktu masih anak-anak. Lebih cepet pulihnya dn bekasnya jg cepet hilang. Jd bersyukur jg Asha udh daper cacar air pas umur 14 bulan.

Memang yaa manusia berencana, tp Allah selalu tau apa yg terbaik bagi hamban Nya. Thank you, Allah.

XOXO

6 comments on "[HEALTH] Asha Cacar Air"

adrianalubis@gmail.com on May 2, 2014 at 7:26 AM said...

alhmdulillah, abis baca tulisan mba, aku jd sdikit lega krn dah 3 hri ini putriku yg msh 11 bln jg kena cacar. Tadinya aku keukeuh klo anakku ga kena cacar krn dy ga demam, ehhh abis baca, ternyata cacar ga selalu diawali demam ya ?smg anakku bs sehat secepatnya ya, spt Asha, doaiiinnnn ya, :D. Makasihhh :)

Nule on May 6, 2014 at 9:30 PM said...

Alhamdulillah kalo tulisan aku bisa melegakan hati ibu. Aku jg dl kesel waktu suami bilang kalo anakku kena cacar. Krn ga percaya anak bayi bisa kena cacar, eh taunya bener. Hehe :D Get well soon ya buat baby nya. Jgn lupa obatnya diminum biar virusnya kaburrr :)

Kang HyeRa on December 22, 2015 at 3:34 AM said...

Wow komen saya mungkin terlambat bangeet. Tapi very helpfull karena saya memang lagi panik karena baby saya kena cacar air tanpa demam ini.serupa masih lincah pecicilan.dan papanya lagi perjalanan bisnis ke luar negeri. Jadilah saya dan babysitter harap2 cemas. Untung nemu artikel ini jadi saya bisa cepat antisipasi dengan bawa ke dokter. Btw soal anak suka fever kalo mau ditinggal pergi ini ternyata dialamin juga ya sama Asha.Xavier juga gitu sehari sblm papanya pergi dia fever.untung si papa yang emang lebih kalem nggak kepanikan dan cuma ngegendongin Xavier aja semalaman itu biar dia ga rewel dan besoknya bener2 sembuh.Thanks a very bunch for ur article Bund.Lots of love

Nule on December 26, 2015 at 7:14 PM said...

Duh seneng kalo tulisan lama saya masih bisa bermanfaat untuk orang lain. Semoga cepat sembuh yaa Xavier, tetap ceria selalu :)

Yona Fitria Alhuda on January 5, 2016 at 5:55 AM said...

Waduh bund sama nih skrg baby ku lg kena cacar air...tp ga demam. Semuanya ga ada yg nyangka soalnya umur si kecil masih 4,5 bulan. Entah nular darimana ya..tau2 ada bintil kecil berair gitu juga. Dibawa ke dokter katanya keringat. Eh 2 hari kemudian makin banyak di lehernya bund...ternyata kata dokter beneran cacar. Sekarang sudah hampir seminggu..obatnya juga udah habis..tapi bintil2nya masih ada. Kira2 berapa hari sembuhnya ya bund?

Nule on January 7, 2016 at 6:14 PM said...

Kesiaaann baby nya masih 4,5bln udah kena cacar. Kalo pake ASI tetap susui yg banyak yaa biar kekebalan tubuhnya bagus. Kalo dulu anakku kira2 11 harian baru habis semua bintil2nya. Coba aja diperhatikan apakah masih ada muncul bintil baru? Semoga sih udah ga ada bintil baru yg muncul ya, tinggal kempesin doang bintil yg ada skrg.

Kemungkinan baby bunda ketularan cacar dari anak di sekitar rumah yg sedang kena cacar dan kena ke baby bunda atau dari area publik dimana ada anak yg sedang/baru sembuh dari cacar. Walau si penderita cacar udah sembuh, tapi dalam 1-2mingguan (kira2) virus cacarnya masih bisa menginfeksi orang lain.

Post a Comment

[HEALTH] Asha Cacar Air

Huaaaa... Asha baru 14+m tapi udh kena cacar air. Kaget bgt :(
Karena aku ga kepikiran bayi seumur Asha bs kena cacar air. Dulu aku kena cacar air waktu kelas 5 SD. Suami dn sepupu2 kena cacar air jg waktu SD. Nah ini Asha baru 1 tahun 2 bulan udh kena cacar air. Huaaaa... Bener2 ga nyangka. Apalagi di sekitaran rumah ga ada orang yg sedang cacar air. Makanya saya heran, Asha dapet virus cacar air dr mana?? Hiks..

Awalnya, hari Selasa malem Asha makan telor ceplok. Saya kasi bagian kuningnya aja, krn masih khawatir Asha alergi sama putih telur.

DAY 1

Rabu pagi, ada satu bentol merah di dadanya. Dibagian tengah bentol merah itu, kulitnya menggelembung kecil dn berisi air. Awalnya saya pikir itu reaksi alergi karena semalem Asha makan telur. Sepanjang hari itu Asha ceria, aktif, banyak main, banyak makan, banyak tidur, bener2 sehat. Malamnya, waktu suami pulang, saya kasi tau Mas Pram tentang bentol berair di kulit Asha. Eh ternyata gelembung airnya makin membesar. Padahal sepanjang siang, cuma titik kecil berair aja. Saya masih mengira itu reaksi alergi.

DAY 2

Esoknya, Kamis pagi, waktu Asha bangun saya cek lagi dadanya. Ternyata gelembung berairnya sudah pecah. Mgkn krn kegesek baju waktu tidur. Eh tapiiii ko ada dua bintil berair baru muncul di dadanya. Persis sama bintil sebelumnya. Bentuknya bentol merah, bagian tengahnya menggelembung dan berair. Waduh! Mas Pram nyeletuk, "Mgkn kena cacar". Beuuh, saya lgsg kesel dengernya. Krn saya pikir, masa iya bayi seumur Asha udh kena cacar air. Akhirnya krn saya ga pede ngasuh Asha sendirian hari itu, saya dn Asha ngungsi ke rumah tante. Rencana saya, kalo bintil nya ga bertambah, maka sore itu juga saya dn Asha akan pulang lagi ke rumah. Tapi kalo bintilnya bertambah, berarti harus ke dokter.

Pagi2 saya mandiin Asha, karena kalaupun benar bintil di dada Asha adalah cacar air, Asha harus tetep mandi. Begonya saya, saya pakein sabun ke badan Asha, bikin Asha nangis. Tante bilang, ga usah pake sabun, mgkn perih kena bintilnya. Dulu Nia, anaknya tante, juga kena cacar air, dn selama itu mandinya ga pake sabun. Hooo..baru tau. Selesai mandiin, jreenngg ada dua bintil besar berair yg baru muncul. Kali ini di dada dn punggung. Saya tunjukin ke tante dn dia bilang, iya ini cacar air, dl Nia jg kaya gitu. Huhu.. Yasudah kalo memang begitu. Saya lgsg telpon Mas Pram, minta dia ijin pulang untuk anter Asha ke dokter hari itu juga. Alhmdlh Mas Pram boleh ijin jadi bisa anter Asha ke dokter.

Asha kena cacar air tanpa demam terlebih dulu. Pdhl dulu waktu saya kena cacar air, saya demam dulu, keluar bintilnya belakangan. Makanya saya bener2 ga nyangka Asha cacar air. Apalagi anaknya aktif dan ceria, bener2 sehat keliatannya. Sore itu, kami bawa Asha ke dokter anak di RS HGA Depok. Karena katanya anak yg cacar air ga boleh kena angin, sedangkan Mas Pram punyanya motor, pasti angin2an kan, kami ke RS naik taksi. Asha saya pakein jaket, pakein topi, pakein kaos kaki, bawa selimut juga. Di RS, kami menunggu cukup lama sampe dokternya dateng. Huhu.. Untung Asha pasien pertama. Dan begitu dokter liat bintil di dada Asha, dgn yakin dia bilang, "Iya bu ini cacar". Fyuuhh..baiklah. i have to accept the reality. Dokter bilang, "Cacar air pada anak kecil agak kurang risikonya drpd orang dewasa. Cacar air pada anak kecil lebih cepet sembuh, dn pada Asha malah ga ada demam. Jd harusnya ga perlu khawatir. Tinggal dijaga aja Ashanya biar cepet pulih, cukup istirahat, cukup makan bergizi, bintil2 yg udh pecah diolesi salep, bintil2 yg berair ditaburi bedak, dn minum obat antivirusnya".

Hmmm..tapi tetep ga kebayang ngerawat Asha sendirian doang di rumah. Gmn mau nyiapin makanan buat saya dan Asha? Gmn mau belanja di warung? Gmn ini? Gmn itu? Makanya saya tanya dokter, "Kalo Asha dibawa ke Bandung Sabtu ini apa boleh? Biar tinggal di rumah mbah nya selama masa penyembuhan Asha". Dokternya bilang, "Belajar yaa jadi orangtua, karena ga ada sekolahannya. Terus daya tahan tubuh dede hrs dijaga biar cepet sembuh. Kalo perjalanan jauh kan cape". Dziiggg...! Merasa tertohok. Huaaaa..

Akhirnya di jalan saya diskusi sama Mas Pram, lebih baik tetep di Depok sampe Asha sembuh, which is bisa sampe seminggu atau lebih buat bener2 sembuh total, atau pulang ke Bandung biar saya lebih tenang merawat Asha. Iya, ke Bandung itu sebenernya lebih ke saya nya yg pengen kesana. Saya yg ga yakin bisa ngasuh Asha sendiri. Saya yg cengeng dn ga tangguh. Hiks.. Pdhl Mas Pram maunya kami tetep di Depok sampe Asha sembuh.

DAY 3 - DAY 11 (*update)

Jumat, hari ketiga saya dn Asha msh nginep di rumah Bulik. Ada bbrp bentol baru yg mau muncul di dada, punggung, tangan, kaki. Tapi alhmdlh bentolnya ga break out, cuma numbuh 1-2 biji doang. Kalo keliatan ada bentol yg mau numbuh lgsg saya olesin salep, dn si bentol ga jadi numbuh dn kempes sendiri. Oya ini obat-obatan yg Asha dapet dr dokter :

- Fuladic salep : dioles pada bentol yg udh pecah / yg ga berair.

- Bedak tabur racikan : ditabur pada bentol yg masih berair biar ga gatel dn ga digaruk-garuk.

- Lactacid baby : buat campuran air mandinya.

- Zovirax puyer : antivirus buat diminumkan 4 kali sehari.

Selama cacar air, Asha selalu mandi dua kali sehari pake air mandi yg dicampur Lactacid Baby. Krn udh pake Lactacid Baby jd ga perlu lg pake sabun. Mandi memang penting buat yg lagi cacar air krn bertujuan membersihkan kulit dr bakteri2 yg menempel biar bentol2nya ga infeksi. Bertentangan dgn pendapat orang tua yg bilang kalo cacar air dilarang mandi biar cacar airnya ga makin nyebar ke bagian tubuh yg lain. Pdhl ini pendapat yg salah kaprah loh.

Cacar air Asha muncul di dada, punggung, kaki, tangan. Tapi kalo dihitung, jumlah bentol di dada dn punggungnya paling cuma 10-15 dn ga semuanya berair. Di tangan dan kaki bahkan cuma 1-2 bentol doang dn ga berair, dioles salep jg lgsg hilang. Alhmdlh cacar air Asha ga banyak. Pdhl waktu saya kena cacar, widiiiiihhhhh bentoooooollll dimana2, di badan, tangan, kaki, muka, sekujur badan deh bentol2, gatel pula. Liat Asha kayanya dia ga gatel, soalnya dia ga garuk-garuk.

Hari Sabtu, kami pulang ke rumah. Mas Pram dpt pinjeman mobil dari Tika, adiknya yg udh kerja dn ngekos di jakarta. Rencananya pinjem mobil krn mau pulang ke Bandung. Hari Sabtu itu kami seharian di rumah ngerawat Asha sambil pantau kondisinya apakah memungkinkan utk dibawa jalan ke Bandung. Dn alhmdlh Asha terlihat fit dn cacar airnya jg nampak ga parah. Akhirnya kami putuskan utk segera ke Bandung besok pagi. Biar saya tenang merawat Asha. Huhu.. Cengeng yaa saya, msh blm bs mandiri aja. Hiks..

Jadilah minggu pagi jam 7 kami berangkat ke Bandung. Walau kata dokter dn Bulik dn orang2, anak cacar sebaiknya ga diajak keluar biar ga keanginan, biar ga kecapean, dn biar ga makin parah cacarnya, tapi kami (saya) tetep nekat bawa Asha ke Bandung. Berbekal bantal menyusui biar Asha bisa tidur nyaman di mobil (karena kami ga punya car seat), selimut, dn boneka, Asha bs tidur nyenyak dn nyaman di perjalanan.

Alhmdlh sampe Bandung dgn selamat dn Asha baik2 aja. Dokter bilang cacar air sembuh dlm seminggu, tp sampe hari kesebelas masih ada satu bentol berair besar yg muncul di paha Asha. Tapi ini adalah bentol terakhir. Setelah bentolnya pecah dn kering, tamat sudah episode cacar air Asha. Bersyukur bgt Asha ga demam selama cacar. Pdhl saya dl cacar airnya diawali demam dl bbrp hari. Dan kalo liat bbrp bulan yg lalu, Asha termasuk gampang dapet demam. Tp alhmdlh cacar air ini malah ga demam sama sekali dn Asha selalu ceria. Dan krn cacarnya cm di dada dn punggung, di muka ga ada sama sekali, jd malah ga keliatan klo lg kena cacar. Hehe..

Eh tp sempet ding Asha agak anget sampe 37° C semalem doang. Waktu itu entah krn apa ko badannya agak anget, tp blm demam sih ya kalo suhu segitu mah, trs dia agak2 cranky. Dipikir2 apa krn besok mau ditinggal bapak ibu ke kondangan apa ya? Kn katanya ada tuh kejadian kalo bapak ibunya mau pergi tanpa ajak si anak, kadang si anak suka jd anget atau malah tiba2 sakit yg berakibat si bapak ibunya ga kadi pergi. Makanya malam itu saya bisikin ke Asha, minta ijin lagi buat pergi ke kondangan besok dn Asha tinggal di rumah sm Mbah. Alhmdlh paginya Asha baik2 aja loh. Ajaib memang yaa..

Oya krn semua bentol Asha pecah gara2 kegesek baju waktu tidur, jd lumayan ada bekasnya di kulit. Tapi lama-lama ko pudar sendiri ya nodanya. Memang bener ternyata kalo lebih baik dapet cacar air waktu masih anak-anak. Lebih cepet pulihnya dn bekasnya jg cepet hilang. Jd bersyukur jg Asha udh daper cacar air pas umur 14 bulan.

Memang yaa manusia berencana, tp Allah selalu tau apa yg terbaik bagi hamban Nya. Thank you, Allah.

XOXO

 

My Lavender Love Story Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal